New Normal Harus Terukur

PALANGKA RAYA – Rencana adanya penerapan new normal atau prosedur standar pola hidup baru di Kota Palangka Raya dan beberapa daerah lainnya, mendapat sorotan dari Tokoh Pemuda di Kalimantan Tengah (Kalteng) yaitu Heru Hidayat.

Menurut Heru, sebaiknya rencana penerapan new normal harus dikaji secara mendalam dengan kajian ilmiah dan ebih pada substansi penyelesaian secara terukur, terstruktur dan teratur. Apalagi menurut data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kalteng per tanggal 27 Mei 2020, pukul 15.00 yaitu pasien positif Covid-19 berjumlah 329 orang ada penambahan 8 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 64 orang, orang dalam pantauan (ODP) 221 orang, sembuh 157 orang, penambahan 5 orang, meninggal 17 orang.

Bagaimana dengan Kota Palangka Raya yang akan menerapkan New Normal? Menurut data Gugus Tugas Covid-19 Kalteng, per tanggal 27 Mei 2020, yaitu pasien positif Covid-19 berjumlah 95 orang ada penambahan 7 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 12 orang, orang dalam pantauan (ODP) 93 orang, sembuh 51 orang, dan meninggal 3 orang

Mengapa? Minimal ada enam poin yang harus diantisipasi dan disiapkan secara terukur, terstruktur dan teratur oleh Pemerintah Daerah ungkap aktivis sosial dan kemanusian ini,

Pertama, new normal sebaiknya memang pada saat pandemi mulai terkendali, tingkat pertambahan kasus yang rendah, dan tingkat penularan yang rendah. Sehingga fokus menambah tingkat kesembuhan pasien Covid-19 dan terus mengurangi jumlah pasien positif Covid-19 di masyarakat. Artinya kurva harus dalam kondisi minimal melandai terlebih dahulu. Jika perlu dilakukan rumusan untuk mengukur tingkat penularan yang disusun para ahli epidemiologi atau disebut “reproduction number” menjadi indikator keberhasilan penanganan Covid-19 saat awal, sekarang dan prediksinya.

BACA JUGA:   BEM UPR Ancam Demo Bank Kalteng Jika Kartu ATM Beasiswa TABE Tak Kunjung Dicetak

Kedua, kemampuan data dan pemetaan yang akurat/detail dalam sebaran dan penanganan pandemi Covid-19 di masyarakat. Diperlukan test yang masif, sehingga angka dan pola sebarannya terukur sehingga memudahkan untuk pemetaan (mapping) dan tata laksana. Maka diperlukan ketersedian alat rapid test yang cukup, tingkat akurasi yang teruji, dan test swab.

Ketiga, sosialisasi dan pelibatan para pihak secara masif seperti tokoh masyarakat, pemuda dan jejaring Rukun Tetangga dalam penerapan protokol kesehatan. Sangat penting melakukan komunikasi intensif, sosialisasi ke tokoh masyarakat, dan menjadikan mereka sebagai role model/duta/ speaker. Jejaring RT ini penting sekali, kita perlu model penanganan covid berbasis masyarakat. Antisipasi orang tanpa gejala (OTG) atau gejala minimalis dan pelibatan masyarakat agar memahami isolasi mandiri serta gotong royang lingkungan masyarakat. Mencegah berarti upaya deteksi dini harus kuat dan terkontrol dengan baik.

Keempat, tentang regulasi, jaminan kesehatan dan keselamatan bagi masyarakat serta ketersediaan harga kebutuhan pokok masyarakat yang stabil pada saat new normal.

Kelima, kesiapan layanan kesehatan, tenaga kesehatan dan fasilitas pendukung, apabila terjadi lonjakan masyarakat yang terkena pandemi Covid-19 ini. Daya dukung alat pelindung diri (APD) dan lainnya sampai tingkatan puskesmas.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

Keenam, harus ada terobosan dan pola pengelolaan anggaran secara efektif, efisien dan transparan oleh pemerintah daerah.

Menurut Heru, apabila keenam poin tersebut dilakukan oleh pemerintah daerah bersama para pihak, maka akan menambah kepercayaan masyarakat untuk terlibat aktif dalam upaya menumbuhkan kembali sektor perekonomian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Begitu pula, bagi tenaga kesehatan akan sangat terbantu apabila ada upaya maksimal dari Pemerintah Daerah dalam penanganan pencegahan dan penyediaan fasilitas kesehatan ungkap mantan Anggota DPRD Kalteng ini.

Memang diantara tantangannya menurut Heru adalah ketika kemampuan anggaran yang belum sepenuhnya siap pada pemerintah daerah, akan menjadi beban tersendiri bagi para kepala daerah dan jajarannya untuk bisa mengelola dan melakukan terobosan. Hal ini harus dilakukan sebagai bagian dari antisipasi menghadapi kondisi pandemi Covid-19 apabila berlangsung lama. Meski demikian kita semua berharap agar pandemi Covid-19 ini agar segera berakhir.

Heru yang juga Ketua Umum PKS Kalteng ini memberi apresiasi kepada semua pihak yang terus berupaya dalam penanganan pandemi Covid-19 dan menyarankan agar pemerintah pusat dan daerah tetap konsisten untuk bisa memprioritaskan mengenai keselamatan setiap warganya. Selain itu menurut Heru, Pemerintah harus melakukan terobosan untuk terus peduli kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang sangat rentan terdampak pandemi Covid-19.

(Hardi/Beritasampit.co.id)