Gubernur Kalteng Siapkan Dapur Umum di Perbatasan

Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng memberikan dukungan kepada tim gabungan yang bertugas di Posko Perbatasan dalam upaya membantu penanganan dan mencegah penularan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Bentuk kepedulian tersebut, antara lain diwujudkan dengan menyiapkan dapur umum bagi para petugas di Pos Perbatasan Kapuas – Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Pos Perbatasan Barito Timur (Bartim) – Kalsel. Dapur umum mulai dioperasikan hari Minggu 31 Mei 2020 sampai dengan keadaan normal kembali.

Personil gabungan dilibatkan dalam operasional dapur umum ini, antara lain personil dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan, baik dari Provinsi maupun dari Kabupaten Kapuas dan Bartim.

BACA JUGA:   Pemprov Gelar Rakor Sahli se Kalteng, Nuryakin Berharap Ada Peningkatan Peran Staf Ahli

Gubernur menilai tugas dan tanggung jawab para petugas di pos-pos perbatasan ini tidaklah mudah, terlebih saat ini, di mana angka positif Covid-19 di provinsi tetangga yang meningkat cukup signifikan sehingga arus keluar masuk di perbatasan Kalteng perlu diperketat.

“Kita tetap mewaspadai kondisi mencemaskan yang terjadi di berbagai wilayah termasuk provinsi yang berbatasan dengan Kalimantan Tengah. Untuk itu, demi kebaikan, kesehatan, dan keselamatan seluruh rakyat Kalimantan Tengah, saya meminta kita semua untuk membatasi diri dengan tidak berkunjung ke luar wilayah provinsi ini. Saya juga harus tegas untuk sangat membatasi dan mengawasi kedatangan orang dari provinsi lain, kecuali berupa gerakan perekonomian untuk kebutuhan vital, logistik, dan Sembako. Pembatasan ini semata-mata untuk memutus rantai penularan virus Covid-19,” jelas Sugianto Sabran pekan ini.

BACA JUGA:   Masyarakat Terdampak Banjir Harus Waspada Penyakit Tertentu

Sementara itu, kegiatan di lapangan dimonitor langsung oleh Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Darliansjah selaku koordinator, berdasarkan arahan dan petunjuk Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kalteng. (Hardi/Beritaaampit.co.id)