Hari Bhayangkara ke 74, Polsek Teweh Tengah Berdayakan Bhabinkamtibmas

WAWANCARA : SHP/BERITA SAMPIT - Kapolsek Teweh Tengah, AKP Wahyu Setiyo Budiarjo SH MH, saat diwawancara di ruangan kerjanya Mapolsek Teweh Tengah.

MUARA TEWEH – Dalam rangka menyemarakan penyambutan hari Bhayangkara ke 74, berbagai kegiatan dilakukan kepolisian di Kalimantan Tengah (Kalteng). Salah satu kegiatan adalah Lomba Lewu Isen Mulang atau Desa Pantang Mundur.

Berdasarkan hal tersebut, para Kapolsek di Kabupaten Barito Utara telah menerima perintah untuk memberdayakan para Bhabinkamtibmas dalam menentukan desa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Sesui petunjuk perintah, kita berdayakan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menentukan desa yang akan diikutkan dalam lomba tersebut di wilayah hukum masing-masing Polsek, termasuk Teweh Tengah,” kata Kapolsek Teweh Tengah AKP Wahyu Setiyo Budiarjo SH MH, Selasa 2 Juni 2020, sore di Mapolsek.

Dijelaskannya, bahwa kriteria penilaian lomba meliputi beberapa item, antara lain Lewu Milang atau Pelep Apui. Dimana Desa Lawan Api atau Karhutla, yaitu memiliki pos serbu api, dan peralatan pemadam api yang terdapat pipa air tanah, tandon air di lapangan.

Selanjutnya, adalah lewu losok parei atau desa lumbung pangan, ketahanan pangan yang meliputi antara lain kesiapan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Dan yang terakhir katanya, adalah lewu tolak peres corona atau desa melawan corona. Dimana, itu adalah untuk melihat kesadaran masyarakat, dan peralatan pendukung lainnya dalam melawan penyebaran Covid-19.

“Jadi lomba dilaksanakan ditingkatan baik kota, kabupaten di masing-masing Polres yang dimulai pada tanggal 15 sampai dengan 16 Juni 2020 ini,” tutur mantan Satreskrim Polres Seruyan tersebut.

Tim penilai akan menilai 3 Lewu Iseng Mulang sebagai Juara. Dan kemudian akan di lombakan lagi pada tingkat Provinsi, yang dimulai dari tanggal 28 – 29 Juni 2020, yang akan menilai 14 Lewu Iseng Mulang dari juara 1 tingkat kota, kabupaten, di Polres masing-masing jajaran. (Shp/beritasampit.co.id).