Beras Tidak Layak Konsumsi, Bupati Seruyan Akan Kembalikan ke Bulog

AHMAD/BERITA SAMPIT - Bupati Seruyan Yulhaidir.

KUALA PEMBUANG – Berawal dari kekecewaan dan laporan masyarakat terkait adanya temuan beras tidak layak konsumsi yang disalurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan yang disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19, Bupati Seruyan Yulhaidir meminta masyarakat untuk mengembalikannya.

“Beras yang tidak baik itu dikembalikan, saya sudah berkomitmen dengan kepala Bulog Sampit kalau beras itu tidak baik dan tidak layak dikonsumsi maka dikembalikan,” ujarnya.

Yulhaidir meminta masyarakat untuk mengembalikan melalui Kepala Desa, Lurah maupun Camat di masing-masing wilayah.

“Untuk di tingkat desa agar diserahkan kepada Kepala Desa, sementara untuk Kecamatan diserahkan pada Camat,” harapnya.

Selain itu, Yulhaidir juga telah meminta Dinas Sosial dan BPBD untuk melakukan pengawasan saat Bulog melakukan proses packing agar tidak ada lagi kejadian serupa.

“Makanya saya sudah perintahkan kepada Dinas Sosial dan BPBD untuk melakukan pengawasan, ditunggu saat mereka menimbang atau packing beras tersebut agar dipantau dan diawasi jangan ditinggal,” ucapnya.

Untuk itu orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring ini meminta agar tidak hanya diawasi dari jauh, agar kualitas ini terjamin supaya barang ini tidak bolak-balik.

“Walaupun itu ketidaksengajaan, makanya saya katakan kepada Dinsos dan BPBD untuk menunggu saat mereka packing, itu sudah ada empat orang dari Dinsos 2 orang, BPBD 2 orang. Agar mengawasi saat mereka packing dan menimbang,” tegasnya.

Dia menambahkan, hal ini menjadi tanggungjawab semua, “Sampai bisa dipastikan bahwa beras yang sampai ke masyarakat adalah beras yang layak dikonsumsi, kita pesan barang banyak 900 ton, itu sampai 18 Miliar,” ujarnya.

(ASY/beritasampit.co.id)