Eddy Raya Buka Rakor Teknis Hadapi New Normal

NEW NORMAL - Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST saat menyampaikan sambutannya dalam acara Rakor Teknis Dalam Rangka, Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru "New Normal" di Kabupaten Barsel.

BUNTOK – Bupati Barito Selatan (Barsel), H Eddy Raya Samsuri ST secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Sosialisasi Tatanan Kehidupan Baru “New Normal” di Kabupaten Barsel, Jum’at (5/6/2020) bertempat di Aula Bappeda setempat.

Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri ST dalam sambutannya mengatakan, keadaan New Normal pada dasarnya adalah keadaan dimana penanganan terhadap penyebaran Covid-19 dapat terus dikendalikan bahkan dari sisi lain.

Kehidupan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan aktifitas keagamaan di masyarakat serta pelayanan pemerintahan dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti.

“Tetap mejaga jarak sosial, dengan mengurangi kontak fisik dengan orang lain serta memakai masker, mencuci tangan dan yang lain sebagainya,” katanya.

Menurut Eddy Raya Samsuri, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmita M.Sc. Ph.D bahwa New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktifitas normal. “Akan tetapi, dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19,”bebernya.

Menurutnya, keadaan ini merupakan salah satu opsi atau pilihan yang harus kita tempuh karena beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia telah memastikan bahwa terkait pademi Covid-19 maka kemungkinan paling cepat dapat ditemukannya vaksin adalah pada tahun 2021.

Artinya masyarakat dan kita semua, harus menjalani kehidupan baru dengan beradaptasi pada situasi pademi hingga tahun depan bahkan lebih oleh karenanya perubahan perilaku akan menjadi kunci optimisme. “Dalam menghadapi, Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,”terangnya.

Dijelaskan orang nomor satu di Barsel ini, Kabupaten Barsel adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalteng bersama sejumlah Kabupaten/Kota yang terpilih dari seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Provinsi di Indonesia yang kemungkinan besar akan melaksanakan kehidupan New Normal.

“Sebagai Kepala Daerah, kami merasa bertanggung jawab terhadap keadaan dan kondisi daerah baik secara ekonomi, sosial, kemasyarakatan dan keagamaan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kita sadari bahwa wabah masih ada di sekitar kita namun demikian kita juga harus dapat memahami bahwa masyarakat juga perlu beraktifitas baik untuk kegiatan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan keagamaan oleh sebab itu melalui forum ini kami memandang perlu.

Untuk menyampaikan, serta mensosialisasikan kebijakan pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Barsel bahwa kita akan tetap focus untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19.

“Namun disisi lain, akan tetap memperhatikan aktifitas ekonomu, sosial kemasyarakatan dan keagamaan di Kabupaten Barsel dapat berjalan sebagaimana mestinya,” katanya lagi.

Kebijakan konkretnya lanjut Eddy Raya Samsuri, adalah secara bertahap kita akan mulai membuka kembali kegiatan rumah ibadah seperti Masjid, Gereja dan rumah ibadah yang lainnya.

“Selanjutnya secara bertahap juga akan dibuka aktifitas perkantoran, restoran, hotel, transportasi, sekolah dan lain-lain yang tentunya semua akan dilakukan. Dengan tetap, memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” terangnya.

Khusus untuk kebijakan dan langkah-langkah konkret terang Eddn Raya Samsuri, yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam penanganan Covid-19 maka dalam sesi paparan nanti akan disampaikan dengan detail oleh Sekretaris Daerah (Setda) Barsel.

Serta Perangkat Daerah terkait, khususnya dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Barsel dimana harapan kami melalui pertemuan ini akan melahirkan suatu pemahaman yang sama.

“Sehingga akan tercipta, sinergitas dan gerak langkah yang seirama dari seluruh komponen ketika pada saatnya nanti keadaan kehidupan New Normal ditetapkan di Kabupaten Barsel,” pungkas Eddy Raya Samsuri.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Barsel H. Eddy Raya Samsuri ST, Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir, Unsur Forkopimda Barsel, Setda Barsel Eddy Purwanto, Seluruh Kepala SOPD Barsel, Perwakilan Perguruan Negeri Barsel, Perwakilan Sekolah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta tamu undangan yang lainnya.(Ded/beritasampit.co.id)