Murung Raya Siapkan Posko Karhutla

VIDEO CONFERENCE: LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Bupati Mura Rejikinoor saat Video Konferensi dengan Gubernur Kalteng membahas terkait Karhutla

PURUK CAHU – Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor di dampingi Wakapolres Mura, Kompol Andreas Alek Danantara video konferensi (Vikon) bersama Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) membahas terkait penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla).

“Pemkab Mura mempunyai rencana dalam waktu dekat ini berkenaan kegiatan di dalam penanganan tersebut, yang pertama adalah kami akan segera melakukan rapat koordinasi penetapan status siaga darurat bencana Karhutla,serta mendirikan posko di lapangan dan melakukan apel siaga Karhutla,” Kata Wabup Rejikinoor saat vikon bersama Gubernur Kalteng, di Aula Gedung A Setda Mura, Kamis 4 Juni 2020 kemarin.

BACA JUGA:   Perdie M. Yoseph Unggul Perolehan Suara Caleg DPD RI di Murung Raya

Selain itu, Lanjut Wabup, Pemkab Mura akan melalukan persiapan pelaksanaan di lapangan setelah itu melaporkan kembali akhir pelaksanaan kegiatan kepada Gubernur Kalteng.

“Tentunya dalam pelaksanaan tersebut, kami akan membentuk empat posko yang ada di 166 Desa, 10 Kecamatan dan 9 Kelurahan, dan akan melibatkan anggota dalam penanganan Karhutla ini pertama dari tim TRC Badan Penanggulangan Bencana Deerah (BPBD), TNI, POLRI, Manggala Agni, Pemadan Kabakaran, KPHP serta masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas respon dari Gubernur dan juga Kapolda, bahwa Pemkab Mura menginginkan masyarakat yang ada di Murung Raya Khususnya petani dan peladang diberikan diskarasi ataupun pengecualian untuk larangan pembakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

“Karena disatu sisi kita dalam penguatan ketahan pangan, di satu sisi masyarakat kita tidak diperbolehkan untuk berladangan. Tetapi apa yang sudah disampaikan Gubernur Kalteng sangat membantu memberikan dukungan, sehingga nanti pada akhirnya bahwa masyarakat peladang ini bisa di bantu di dalam ketahan pangan,” tandasnya.(Lulus/beritasampit.co.id)