Pemdes Anjir Serapat Baru Bagikan BLT DD Secara Transparan

SERAHKAN - Kepala Desa Anjir Serapat Baru, HM Makki saat menyerahkan BLT-DD, kepada salah satu warga penerima. (Foto:Ahmad Rifai)

KUALA KAPUAS – Pemerintah Desa Anjir Serapat Baru, Kecamatan Kapuas Timur bagikan Bantuan Langsung Tunai- Dana Desa (BLT DD) kepada 55 Kepala Keluarga warganya, di gedung serbaguna milik Pemerintah Desa Anjir Serapat Baru, Jumat 05 Juni 2020. (Pagi)

Kepala Desa Anjir Serapat Baru, HM Makki mengatakan, awalnya pihaknya mendata sebanyak 96 Kepala Keluarga, namun setelah pihaknya pertimbangkan kembali, maka diputuskan yang berhak menerima berjumlah 55 Kepala Keluarga.

“Awalnya kami rapat dengan BPD, tokoh masyarakat dan seluruh Ketua RT, bahwa yang akan menerima berjumlah 96 KK, namun setelah dipilah, ada yg sudah menerima BPNT, BST, dan PKH, maka untuk menghindari dobel penerima, akhirnya disepakati 55 KK penerima BLT DD,” Katanya.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng
BANTUAN – Kepala Desa Anjir Serapat Baru, HM Makki saat menyerahkan BLT-DD, kepada warga penerima yang sedang sakit. (foto: Ahmad Rifai)

Dia menuturkan, pihaknya masih berusaha agar masyarakat yang masih layak atau berhak menerima, untuk mendapatkan BLT-Dana Desa tersebut.

“Kami sedang berkordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) dan Pemerintah Kecamatan, sambil menunggu juknisnya, sampai terpenuhi kouta 96 KK, untuk memaksimalkan 30% dari Dana Desa,” tuturnya.

Lanjut Makki, penyaluran BLT-DD dibagi Dua tahap, pagi ini ada 4 RT, siang nanti ada 5 RT, untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Untuk memudahkan mengatur jarak fisik, maka kami bagi Dua Tahap, Pagi ini 30 KK dan Siang nanti ada 25 KK,” tuturnya.

Tambahnya, selain penerima mengambil langsung, pihaknya juga mengantarkan kerumah penerima, bagi penerima yang sedang sakit. “Kami juga langsung antarkan kerumah warga penerima, yang kebetulan tidak bisa mengambil langsung kesini,” tambahnya.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Sementara Pelaksana Tugas Camat Kapuas Timur, Ansyari, S.Pd, MA, sangat mengapriasi pihak Pemerintah Desa Anjir serapat baru, yang menyalurkan BLT-Dana Desa secara transparan, Dia juga berharap agar Desa Lain juga melakukan hal yg sama.

“Tentunya, sangat mengapriasi kegiatan ini, karena ini program wajib bagi Desa kepada Masyarakatnya, dan kegiatan hari ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Kami juga sudah beri himbauan kepada seluruh Pemerintah Desa, untuk menyalurkan BLT-Dana Desa secara transparan dan terbuka,” tegasnya.

Salah satu penerima BLT-Dana Desa Anjir Serapat Baru RT 4, Lamri, merasa bahagia karena telah mendapatkan bantun. “Terima Kasih kepada pemerintah Desa karena telah memberikan bantuan ini,” ucapnya.
(Fai/Beritasampit.co.id)