Tingkat Partisipasi Pilkada Kalteng Membaik, Ini Strategi KPU Gelar Pilkada Serentak di Tengah Pandemi Covid-19

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim.

PALANGKA RAYA – Gubenur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran kini memastikan kesiapan Provinsi Kalteng dalam melaksanakan Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Kesiapan ini dari sisi anggaran bahkan keamanan di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, mengenai kesiapan dan partisipasi pemilih, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng Harmain Ibrohim, menyebutkan Pilkada 2016 dibawah 60 persen. Untuk tahun 2018 meningkat, dan Pemilu 2019 sebanyak 79 persen pemilih.

“Tingkat partisipasi Kalteng mulai membaik. Nantinya kami memulai dengan keakuratan data pemilih, rekaman e-KTP, sosialisasi kepada masyarakat dan kesadaran untuk hadir pada Pilkada itu yang ditekankan mulai saat ini disosialisasikan. Termasuk kita semua mensukseskan Pilkada 9 Desember 2020,” tutur Harmain, Jumat 5 Juni 2020 malam.

BACA JUGA:   Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

Mengenai tahapan pemilihan sampai pencoblosan, di tengah situasi pandemi virus corona, Harmain menyampaikan, seluruh tahapan pemilihan dimulai pemutahiran data pemilih, pendaftaran calon, kampanye dan distribusi logostik, pencoblosan semuanya mentaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan, atau rapid test.

“Nantinya kami juga bersama sama Gugus Tugas Provinsi untuk menyiapkan rapid test serta APD untuk petugas untuk protokol kesehatan. Nantinya juga untuk Pendaftaran calon 1-23 September, diatur untuk semaksimal mungkin 20 orang, sampai tahapan kampanye diatur. Termasuk juga jam datang pencoblosan diatur agar tidak berkerumun. Misalnya jam 7-8 pagi, ke TPS berapa orang dengan kesiapan protokol kesehatan dan seterusnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Jelang Pilgub, Syauqie dan Iwan Kurniawan Kian Mesra

Sementara itu Kapolda Kalteng, Irjen Dedy Prasetyo, bersama Danrem 102/PJG Brigjen Purwo, menegaskan, siap mengamankan Pilkada serentak di Kalteng dan segera melakukan berbagai kesiapan mulai asesmen petugas di TPS hingga tahapan Pilkada.

“Polri, Polda Kalteng dan TNI siap mengamankan Pilkada serentak 2020 Kalteng dan Kotim,” tegas Dedy.

Hal ini diungkap, melalui Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Provinsi Kalteng di Istana Isen Mulang, yang merupakan tindak lanjut Rakor sebelumnya dengan Kementerian Dalam Negeri yang dilaksanakan melalui video conference, terkait aturan-aturan dalam pelaksanaan Pilkada serta penerapan protokol kesehatan. Rakor ini dipimpin langsung Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran. (Hardi/beritasampit.co.id).