Menteri Pertanian Sebut Kapuas Sangat Pontensial Pangan

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, saat diwawancara awak media usai mengunjungi area pertanian di Desa Terusan Makmur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Kamis (11/6/2020).

KUALA KAPUAS – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, mengunjungi Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kamis (11/6/2020).

Kunjungannya tersebut untuk melihat secara langsung area pertanian.

Syarul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Kapuas memiliki potensi yang sangat besar di sektor pangan.

“Kapuas sangat potensial, jangan melihat pangan itu hanya padi, kita harus melakukan klasterisasi menuju food estate. Food estate itu disana ada jagung, pepaya, sayur, buah, peternakan, dan itu masih terbuka disini,” ujarnya.

Namun, sambung Syahrul, banyak orang tidak melihat secara langsung bahwa lahan yang ada di Kalimantan Tengah itu, termasuk Kapuas sangat menjanjikan untuk kita produktifkan di sektor pertanian, hanya saja ada tantangan alam.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Minta Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Selama Periode Lebaran 2024

“Tantangan alam ini tentu harus bisa kita tundukkan sama-sama, salah satunya adalah water managemen (irigasi) yang lebih baik. Dengan demikian pasang surut itu bisa dikendalikan,” ungkapnya.

Ditambah lagi dengan tekhnologi baru guna menghasilkan bibit yang cocok pada rawa, sehingga menjadi bagian-bagian untuk meningkatkan produktifitas.

“Saya lagi konsentrasi, sesuai perintah Pak Presiden, untuk membangun Kalimantan Tengah ini tidak seperti pertanian biasa, tapi pertanian yang lebih maju di Indonesia, bahkan kita berharap dari hulu ke hilirnya kita bisa benahi sama-sama,” tukas Syahrul.

BACA JUGA:   Integrasi Tiktok Tokped Untungkan UMKM, Ini Kata Anggota Komisi VI DPR RI

Untuk diketahui, kunjungan Menteri Pertanian tersebut didampingi Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bersama Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, serta pejabat Kementerian, provinsi dan kabupaten.

(irfan/beritasampit.co.id)