Antisipasi Warga Luar Terdampar, Pemkab Kobar Akan Bangun Posko Baru di Perbatasan

MAN/BERITA SAMPIT - Sejumlah pekerja dari luar daerah Kotawaringin Barat yang sempat terdampar di Kota Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) diminta Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suherman, segera menambah pembangunan posko baru di semua jalan perbatasan Kabupaten Kobar, yang dijaga petugas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Hal ini sebagai langkah antisipasi adanya warga di luar Kobar yang terdampar. Sebab saat ini, banyak tenaga kerja yang masuk dari luar Kobar terdampar di Kota Pangkalan Bun.

“Mereka bisa terdampar, karena di pintu perbatasan selain petugasnya kurang tegas memeriksa pendatang yang masuk, juga karena di perbatasan tidak ada bangunan penampungan posko darurat,” ujar Bambang Suherman, Sabtu 13 Juni 2020, menanggapi masih adanya sejumlah pekerja yang sempat terdampar di Kota Pangkalan Bun.

Kata Bambang, setelah melaporkan banyaknya pekerja dari luar Kobar yang terdampar, akhirnya pada saat rapat koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Pemkab Kobar akan segera membangun Posko terpadu diperbatasan, sebab banyak kasus pekerja dari luar wilayah yang terlantar di Kobar, telah menjadi beban Pemkab Kobar.

Jadi nanti, lanjut Bambang, kalau Posko Terpadu di perbatasan sudah dibangun, tidak aka ada lagi istilah sejumlah pekerja dari luar Kobar terdampar di Kota Pangkalan Bun. “Karena sebelumnya, mereka sudah di periksa dan bila perlu sementara ditampung di Posko perbatasan,” imbuhnya.

Dijelaskan Bambang, tujuan dibangunnya Posko baru di perbatasan, pada intinya untuk mengantisipasi menularan Covid-19. Dan menjaga, jangan sampai ada warga dari luar Kobar terlantar di Kota Pangkalan Bun.

“Karena kalau ada warga dari luar Kobar masuk, tanpa surat kesehatan dan surat lainnya, kita larang untuk masuk ke Kobar. Kemudian kita beri arahan. Jangan sampai terulang lagi ada warga luar Kobar saat di rapid tes dan swab hasilnya positif,” tutur Bambang. (Man/beritasampit.co.id).