Ini Langkah yang Dilakukan BPBD untuk Cegah Karhutla

AHMAD/BERITA SAMPIT - Foto bersama usai sosialisasi Karhutla di Kecamatan Seruyan Raya.

KUALA PEMBUANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seruyan kian gencar melakukan sosialisasi sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Seruyan.

Kepala BPBD Seruyan Agung Sulistiyono menyebut saat ini untuk kesiapan Karhutla 2020, telah melakukan sosialisasi pencegahan Karhurtla di semua kecamatan di Kabupaten Seruyan.

“Sesuai ramalan dari BMKG musim kemarau masuk pertengahan bulan Juni, jadi nanti pada saat menjelang musim kemarau semua masyarakat dan tokoh-tokoh yang ada sudah memberikan sosialisasi pada masyarakat agar meningkatkan kesadaran,” katanya.

BACA JUGA:   Hebat! UPR Jadi Perwakilan Kalteng di Ajang Bergengsi KBMI Dijten Belmawa Kemenristekdikti

Selain itu, pihaknya telah meminta agar setiap desa membentuk kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA), bukan hanya itu, dari perusahaan juga membentuk regu-regu pemadaman, jika terjadi kebakaran pencegahan secara dini sudah ada disetiap desa regu pemadaman.

BPBD juga telah menyiapkan alat, kata Agung Sulistiyono, masalah peralatan bisa meminta bantuan melalui korporasi terdekat.

BACA JUGA:   Alhamdulillah, Pasien Sembuh Covid-19 di Kalteng Bertambah

“Nanti kita sediakan, yang mana tinggi tingkat Karhutlanya, untuk kesiapan alat sudah ada dan siap, tinggal nanti camat saja yang mengajukan ke BPBD,” pungkasnya.

(ASY/beritasampit.co.id)