Menteri PUPR Cek 164.000 H Tanah Sawah Pulang Pisau Untuk Menjamin Ketahanan Pangan Nasional

HARDI/BERITA SAMPIT - Menteri PUPR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

PALANGKA RAYA – Dalam mewujudkan dan menjamin kebutuhan dan ketahanan pangan nasional, Pemerintah kini telah mencanangkan program lumbung pangan baru (food estate) yang dikembangkan di Pulang Pisau Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dengan hal ini, Menteri PUPR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengujungi Kalteng, Sabtu 13 Juni 2020. Ia langsung bergegas untuk berangkat meninjau lokasi yang akan dijadikan program lumbung pangan baru di Kabupaten Pulang Pisau.

BACA JUGA:   Bansos Tahap II Pemprov Kalteng Dibagikan di Kabupaten Barsel

“Kita pilih yang 164.000 hektare tersebut, yang sudah dibuka sawahnya ada sekitar 85.000 hektar dan sisanya 79.000 hektare yang belukar. Sehingga kedatangan saya saat ini mau mengecek tanah tersebut, sehingga saya akan fokus kesitu terlebih dahulu. Tanah tersebut itu bukan gambut, dan kalau tersebut tanah gambut maka teknologi yang akan digunakan itu khusus,” jelas Basoeki.

BACA JUGA:   Si-Komos Resmi Launching di Kalteng

Dia optimis lahan tersebut akan sukses, kalau nanti pihaknya sudah masuk, irigasi diperbaiki, dan teknologi sudah masuk, yang semula hanya sekali tanam menjadi 2 kali tanam, sehingga hasilnya bisa naik. Nantinya dalam pengerjaannya akan menggunakan tenaga kerja lokal. (Hardi/beritasampit.co.id).