Juni Gultom:  Embung Tunjang Swasembada Ketahanan Pangan Masyarakat Kobar

EMBUNG: Ist/BS - Bupati Kobar Hj Nurhidayah,saat kegiatan menabur 100 ribu bibit ikan di Embung Desa Berambai Makmur KecPangkalan Banteng.

PANGKALAN BUN – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kotawaringin Braya (Kobar), Juni Gultom mengatakan keberadaan Embung di beberapa Kecamatan, akan menunjang program swasembada ketahanan pangan.

Menurut Juni, sejumlah embung yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR sejak tahun 2018 di Kabupaten Kobar merupakan salah satu visi-misi Bupati mengintegrasikan prioritas pembangunan.

“Karena dibangunnya embung fungsinya luar biasa antara lain sebagai sumber air bagi lahan pertanian, perikanan bahkan bisa berfungsi sebagai obyek wisata yang bisa membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat desa,” kata Juni Gultom, Selasa 16 Juni 2020.

BACA JUGA:   Polisi Berhasil Ungkap Kasus Penipuan Skincare Bodong, Owner CV. Sega Arunika Berkah Kini Dipenjara

Kemudian lanjut Juni, pembangunan embung tersebut telah dimanfaatkan oleh daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, melalui budidaya perikanan, yang hasilnya seperti di Kecamatan Kolam, sudah dirasakan oleh masyarakat desa.

“Kemarin Ibu Bupati dua hari berturut-turut telah melakukan penaburan ratusan ribu bibit ikan, mulai dari Kolam Rauk Naga Desa Pasir Panjang sebanyak 78.500 bibit ikan, dan kemarin 100 ribu bibitkan oleh Ibu Bupati ditabur di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng,” ujar Juni.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar dan Insan Pers Bagikan Takjil dan Buka Puasa Bersama

Bupati Hj Nurhidayah selain menyumbang bibit ikan juga menyumbang keramba apung dan pakan ikan. “Saya berharap, semua pihak ikut mendukung dan khususnya masyarakat kelompok tani dan nelayan didesa disekitar wilayah embung,benar-benae bisa memanfaatkan embung dengan sebaik-baiknya,” pungkas Dr.Juni Gultom,MT.MM. (man/beritasampit).