Ketua DPRD Seruyan Minta Dinsos Lakukan Pemutakhiran Data Lagi

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo meminta kepada Dinas Sosial untuk memperbaharui data masyarakat terkait warga kurang mampu. Hal ini mengingat data yang dipakai merupakan data lama.

“Jadi saya harap kedepan Dinas Sosial melakukan pemutakhiran data lagi, terkait dengan warga yang tidak mampu, kemarin saya sempat memanggil Dinsos, karena data yang dipakai itu dari beberapa tahun yang lalu,” ujarnya

Eko mengatakan yang menyebabkan carut marutnya masalah bantuan sosial ini dikarenakan Dinsos tidak pernah melakukan pembaruan data, sebab, menurutnya setiap tahun itu ada perubahan segi ekonomi dari setiap masyarakat, dari yang dulu tidak mampu menjadi mampu.

BACA JUGA:   Duwel Rawing Dorong Pemerintah Secepatnya Melakukan Evakuasi Korban Banjir

“Kemarin saya panggil Dinsos agar kedepannya untuk turun ke lapangan, dijadwalkan saja untuk mendata, karena tidak bisa pungkiri informasi itu tidak akurat, Dinsos bisa melakukan pemantauan di lapangan, itu sangat penting. Saya yakin program dari pemerintah Provinsi, maupun pemerintah pusat untuk warga kurang mampu,” sebutnya.

Politisi partai PDI Perjuangan lantas menegaskan agar pendataan dilakukan melalui satu pintu, hal itu menurutnya agar tidak tumpang tindih.

“Untuk data penyaluran bantuan dilakukan melalui satu pintu, kita kan berkaitan dengan masyarakat pasti melalui Dinas Sosial, diharapkan untuk pendataan lewat Dinsos saja, jadi ngak tumpang tindih,” ucapnya.

BACA JUGA:   Hari Ini, Sugianto Sabran - Edy Pratowo Deklarasi di Tugu Soekarno

Oleh karena itu, lanjut Eko, ketika data tidak sesuai, maka akan berdampak pada bantuan yang tidak tepat sasaran, dia meminta agar Dinsos berkoordinasi dengan dinas terkait agar bisa seragam dalam pendataan.

“Mulai kedepan agar segera dilakukan perbaikan pendataan, karena data ini kan akan disampaikan hingga ke Kemensos, saya berharap agar ada pemutahkiran data lagi,” pungkasnyaa.

(ASY/beritasampit.co.id)