Kobar Siap Bangkit Eksplorasi Pertumbuhan Ekonomi Mulai Dari Konsorsium PBS

PENINJAUAN : MAN/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, didampingi Kadis PUPR Juni Gultom, saat meninjau  pembangunan jalan konsorsium PT Korintiga Hutani antara Desa Nanga Mua dengan Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut.

PANGKALAN BUN – Tampaknya kedepan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan semakin berkembang. Konsorsium Perusahaan Besar Swasta (PBS) semakin menujukan kontribusi dalam membantu Pemerintah Kabupaten Kobar yang dientaskan program Bupati Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah.

Kini program pengembangan infrastruktur itu sudah berjalan hingga tahap tiga. “Sekarang hasilnya, sebagian sudah mulai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di beberapa desa terpencil, di wilayah Kecamat Arut Utara,” ungkap Juni Gultom, Kepala Dinas PUPR Kobar, Selasa 16 Juni 2020.

Sebelumnya, Juni Gultom mendampingi Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah meninjau langsung pembangunan jalan konsorsium penghubung antara Desa Nanga Mua dengan Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara.

BACA JUGA:   Ini Pesan Penjabat Bupati Kobar Kepada 510 Petugas Kebersihan yang Telah Membawa Kembali Piala Adipura ke XIII

Pembangunan jalan konsorsium di Kabupaten Kobar dari tahap satu sampai ketiga, kata Juni total panjang mencapai 320 Km, dari pelosok desa sudah bisa tembus ke beberapa jalan desa tetangga dan kecamatan lainnya.

“Sesuai dengan imbauan Ibu Bupati, kami imbau agar perusahaan konsorsium yang belum menyelesaikan pakerjaan sesuai MoU Ibu Bupati Kobar, sesegera mungkin menyelesaikan sehingga akses dari desa ke desa, dan dari kecamatan ke kecamatan terbuka,” tegas Juni.

Awal, menurut Juni, dari semua pembangunan luar biasa hikmahnya, seperti halnya pembangunan konsorsium jalan yang digagas Ibu Bupati, sekarang banyak menginspirasi untuk menumbuh kembangkan program infrastruktur.

BACA JUGA:   Akibat Lupa Mematikan Kompor, Rumah dan Barakan di Gang Cemara Pangkalan Bun Jadi Arang

“Seperti yang telah saya siap programkan, dalam waktu dekat kita berencana membangun konsorsium jalan khusus produksi dan jalan industri dengan arah timur, barat dan utara, selatan Kobar untuk mengurangi beban jalan nasional poros selatan. Sebagaimana jalan tambang di provinsi tetangga Kalimantan Selatan. Dan juga nanti secara khusus jalan menuju outlet Pelabuhan Bumi Harjo dan Pelabuhan Roro di Tempenek Kumai,” ungkap Juni.

Ia berharap, dengan diawali dari pembangunan jalan konsorsium para perusahaan besar swasta, Kobar siap bangkit mengeksplorasi Pertumbuhan ekonominya, sehingga masyarakat Kobar semakin sejahtera. (Man/beritasampit.co.id).