Terobosan Baru, Alumni MIN 1 Pulang Pisau Ditargetkan Hafal Alqur’an, Ini Strateginya

M Jalaludin

PULANG PISAU – Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pulang Pisau yang berada di tengah Kota Kabupaten Pulang Pisau merupakan satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah yang ada di kota ini.

Antusias masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ke madrasah ini, membuat Kepala MIN 1 yang baru menjabat 16 Mei 2020 ini, mengingikan lulusan MIN 1 Pulang Pisau hafal Al-Qur’an minimal satu juz.

“Madrasah sebagai sekolah umum yang bercirikan agama, sudah sepantasnya alumninya hafal Al-Qur’an minimal satu juz,” Kata M.Jalaludin, Kepala MIN 1 Pulang Pisau, kepada beritasampit.co.id, Selasa 16 Juni 2020.

Lanjut Jalal, Apalagi Madrasah Ibtidaiyah yang masa sekolahnya selama 6 tahun, mustahil tidak mampu lulusannya tidak hafal juz 30 atau juz Amma. “Padahal juz Amma’ isinya hanya 37 surah, kalau dibagi 6 kelas, masing-masing kelas cuman dapat 6 surah, kecuali kelas 1 yang mendpatkan 7 surah,” tuturnya

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Menurut Jalal, satu hari mereka membaca cuma 1 surah, kalau mereka membaca 1 surah sehari dan dibaca setiap awal masuk kelas dan sebelum baca doa pulang, dikali satu semester dan dikali setahun, ini berarti mereka akan mebaca puluhan bahkan ratusan kali baca surah.

“Belum lagi ketika mereka melanggar aturan sekolah dan diberi hukuman baca surah, tentu saja akan membuat mereka semakin hafal surah yang mereka baca. Kita tidak menyuruh mereka menghafal, tapi menyuruh mereka mengulang bacaan,” tukasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jalan Tumbang Nusa untuk Hindari Terputusnya Perekonomian Masyarakat Kalteng-Kalsel

Otomatis saja, semakin mereka sering membaca, Insya Allah mereka akan hafal dengan sendirinya.

Dia berharap program ini bisa didukung oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah, terutama Kementerian Agama Kabupaten Pulang Pisau.

“Besar harapan kami madrasah lain dan guru-guru PAI yang ada di Sekolah Dasar bisa bersama-sama memprogramkan hal ini, Insya Allah kalau hal ini terwujud, Pulang Pisau akan banyak mencetak kader-kader bangsa yang Qur’ani yang Insya Allah siap berkompetisi disegala bidang, karena keberkahan Al-Qur’an yang mereka baca dan mereka hafal,” tutupnya.
(Fai/Beritasampit.co.id)