Kapuas Siagakan Petugas Hadapi Karhutla

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat memimpin apel gabungan gelar pasukan dan peralatan untuk kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Rabu (17/6/2020).

Apel yang berlangsung di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas itu diikuti personel gabungan disertai peralatan lengkap dalam memadamkan api dari TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satpol PP dan Damkar, dan para relawan.

Bupati mengatakan, apel tersebut digelar untuk mensiagakan personel dalam menghadapi Karhutla.

“Ini sebagai bagian kita dalam mempersiapkan, baik itu personel maupun peralatan dalam penanggulangan karhutla,” ujarnya usai apel.

Selain itu, lanjut Ben, pihaknya juga terus mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi dan imbauan.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

Dalam hal ini, dia mengharapkan para camat dapat bersinergi dengan TNI – Polri di kecamatan setempat untuk mencegah maupun menanggulangi Karhutla.

“Kami harapkan camat bersinergi dengan Kapolsek, Danramil ataupun Babinsa atau Bhabinkamtibmas dalam mencegah Karhutla,” ungkap Ben.

Begitu juga dengan masyarakat diharapkan punya tanggung jawab untuk bersama-sama dalam mencegah Karhutla.

“Akan lebih baik kita mencegah daripada memadamkan, posko di desa itu kita dorong melakukan edukasi di masyarakat,” terangnya.

Bupati ini juga mengatakan, bahwa pihaknya akan mulai mendirikan posko-posko, dari tingkat desa sampai dengan kabupaten, karena saat ini sudah menjelang musim kemarau.

BACA JUGA:   Edy Pratowo Salurkan Beras Subsidi untuk Pasar Murah di Kabupaten Kapuas

“Kami berharap tahun ini bencana Karhutla dapat diminimalisir, sehingga tidak memunculkan kabut asap,” ucap Ben.

Tambah dia, dalam penanggulangan Karhutla tahun ini berbeda dari sebelumnya mengingat di tengah pandemi Covid-19.

“Situasi pandemi ini tidak pengaruh, yang penting dalam pelaksanaannya juga memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” pungkas Ben.

Hadir dalam apel tersebut Dandim 1011 Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Kajari Kapuas Arif Raharjo, Ketua Pengadilan Negeri Ruslan, Wakil Ketua I DPRD Yohanes dan lainnya.

(irfan/beritasampit.co.id)