Pimpin Apel Kesiapsiagaan Karhutla, Bupati Sakariyas Meminta Semua Instansi Saling Bersinergi

APEL KESIAPSIAGAAN - ANNAS/BERITASAMPIT : Bupati Katingan Sakariyas, saat memimpin pelaksanaan apel, dihalaman kantor Bupati Katingan,, Rabu 17 Juni 2020.

KASONGAN -Dalam rangka menghadapi musim kemarau, Polres Katingan lakukan persiapan pasukan dan sarana prasarana Aman Nusa-II penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2020, melalui gelar apel kesiapsiagaan, di halaman kantor Bupati Katingan, Rabu 17 Juni 2020.

Dalam kesempatan itu, Bupati Katingan Sakariyas, langsung memimpin pelaksanaan apel yang dihadiri TNI/Polri, BPBD dan Instansi terkait, serta menyampaikan sambutan terltulis Kapolda Kalteng Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Saat sambutan, disampaikan bahwa secara teoritis penyebab kebakaran hutan dan lahan dapat terjadi karena dua faktor yaitu faktor alam, mulai dari musim kering hingga kondisi tanaman yang mudah terbakar dan faktor manusia yang disebabkan kelalaian maupun kesengajaan.

” Oleh karena itu, besar harapan kepada seluruh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, Danramil, Kapolres, Dandim serta BPBD dan instansi terkait untuk saling bersinergi dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah,” jelas Bupati Sakariyas.

BACA JUGA:   Antisipasi Bahan Berbahaya, BPOM Kalteng dan Dinkes Katingan Lakukan Intensifikasi Pangan

Pencegahan tersebut dengan cara, melalui pemetaan wilayah hutan dan lahan masing-masing yang memiliki potensi titik api yang besar. Simulasi dan latihan pemadaman api mengunakan peralatan sederhana kepada seluruh Polres jajaran.

” Kemudian, Galang potensi masyarakat untuk membuat sekat kanal guna pengaturan hidrology pada lahan gambut. Penyuluhan pada masyarakat tentang kebakaran hutan dan lahan untuk meningkatkan kepedulian akan bahaya Karhutla. Lalu, Patroli TNI/Polri, BPBD dan Instansi terkait untuk pengawasan rutin,” jelasnya.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2020, antara Bupati Katingan Sakariyas, dan Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, serta dinas terkait.

BACA JUGA:   Tim Gabungan Terus Lakukan Pencarian Korban yang Diduga Terbawa Arus Sungai di Katingan

Ditempat yang sama, Kapolres Katingan AKBP Andri Siswan Ansyah, SIK mengatakan apel kesiapsiagaan ini yaitu dalam rangka menghadapi musim kemarau.

” Apel ini guna persiapan pengecekan pasukan dan sarana prasarana Aman Nusa-II penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada saat musim kemarau tahun ini,” ucapnya.

” Yang terpenting dulu kita lakukan sosialisi melalui spanduk, penyebaran pamplet, setiap hari bersama Polri dan TNI serta instansi terkait lainnya untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan saat musim kemarau,” pungkasnya.
(Annas/beritasampit.co.id)