Dinsos Kapuas Lakukan Rapid Test Massal, Hasilnya Non Reaktif

KUALA KAPUAS – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah menggelar rapid test yang berlangsung di Aula Dinsos setempat, Jumat (19/6/2020).

Rapid test tersebut diikuti langsung Kepala Dinsos Kapuas Budi Kurniawan beserta jajaran, para relawan yang ada di lingkungan Dinsos seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan lainnya.

Budi Kurniawan mengatakan, rapid test ini pihak gelar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan sebagai upaya mendeteksi dini dalam upaya memutus penyebaran virus corona atau Covid-19.

Lanjutnya, hal ini penting dilakukan mengingat mereka sangat aktif di lapangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam menyalurkan bantuan.

Apalagi Tagana, mereka terjun langsung dalam pemakaman jenazah terkait dengan Covid-19.

“Rapid test ini diikuti sebanyak 71 orang dari PNS dari Dinas Sosial, honorer, PKH, Tagana dan relawan lainnya. Alhamduliah hasilnya semuanya non reaktif,” kata Budi.

Lebih lanjut ia mengatakan, seandainya dalam rapid test tadi ada yang reaktif maka pihaknya meminta yang bersangkutan untuk menjalani isolasi dan menghindari kontak dengan orang lain.

“Dengan adanya proses ini diharapkan masyarakat bisa melihat bahwa siapa saja bisa terpapar Covid-19. Sehingga relawan maupun masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah agar dapat terhindar dari virus tersebut,” tukas Budi.

(irfan/beritasampit.co.id)