8 Kabupaten Terima Penghargaan Kinerja Terbaik Penyaluran Dana Desa Tahap I dan BLT

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri menyerahkan piagam penghargaan kinerja penyaluran dana desa tahan I dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Lindungan Kalteng, Selasa 23 Juni 2020.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng Nomor KEP-0071/WPB.18/2020 tanggal 11 Juni 2020, 8 kabupaten mendapatan penghargaan atas kinerja tersebut.

Penghargaan kinerja Penyaluran Dana Desa Tahap I Tahun 2020, peringkat pertama Kotawaringin Timur, kedua Kotawaringin Barat, ketiga Pulang Pisau, dan keempat Barito Timur. Sedangkan penghargaan empat kabupaten dengan kinerja terbaik dalam penyaluran BLT Dana Desa Tahun 2020, yakni peringkat pertama diduduki Kotawaringin Barat, kedua Sukamara, ketiga Seruyan, dan keempat Murung Raya.

Fahrizal Fitri berharap penghargaan kinerja tersebut dapat lebih mendorong, baik kabupaten yang mendapatkan maupun belum, untuk terus melakukan inovasi dalam upaya percepatan penyaluran Dana Desa dan BLT Dana Desa.

BACA JUGA:   Inovasi Baru Polda Kalteng, Aplikasi SIBAKTI Diluncurkan

“Penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi dalam rangka mendorong seluruh pemangku kepentingan di lingkup pemerintah kabupaten dalam melakukan percepatan penyaluran dana desa dan BLT Dana Desa, sehingga Dana Desa yang menjadi salah satu komponen pokok dalam APBDesa dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi desa, terlebih kepada masyarakat desa yang pada saat ini tengah menghadapi pandemi Covid-19,” kata Fahrizal Fitri.

Bagi kabupaten yang belum menerima penghargaan, kata dia, tetap terus berupaya melakukan inovasi dan sinergisitas demi percepatan penyaluran dana desa, sehingga kedepan, desa-desa di Provinsi Kalteng dapat muncul menjadi percontohan, baik dari segi penyaluran maupun penggunaan dana desa sesuai ketentuan berlaku, demi terwujudnya masyarakat yang adil, maju, dan sejahtera, secara khusus untuk mewujudkan KALTENG BERKAH.

BACA JUGA:   Polisi Musnahkan 1,3 Kg Sabu

Fahrizal mengingatkan kembali semua kabupaten untuk segera mempersiapkan penyaluran dana desa untuk tahap berikutnya, tentunya dengan memenuhi persyaratan sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Secara khusus, Fahrizal Fitri menyampaikan apresiasi kepada Kanwil DJPBn Kalteng atas pemberian penghargaan tersebut. Ia pun berharap antara DJPBn dengan pemerintah daerah dapat terus terjalin sinergi yang baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kanwil DJPBn Kalteng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini serta memberikan reward atas prestasi kinerja pemerintah daerah. Kedepan, semoga sinergisitas yang dibangun dengan pemerintah daerah dapat terjalin dengan baik,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).