Antisipasi Karhutla, Polres Seruyan Gelar Sosialisiasi di Kecamatan Hanau dan Danau Seluluk

SOSIALISASI : AHMAD/BERITA SAMPIT - Kabag Ops AKP Guntur Tri Bawono saat melakukan sosialisasi di Kecamatan Hanau. Selasa 24 Juni 2020.

KUALA PEMBUANG – Polres Seruyan terus berupaya melakukan sosialisasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya, hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait bahaya Karhutla saat musim kemarau.

Sosialisasi tersebut dilakukan di Kecamatan Hanau dan Danau Seluluk, dalam beberapa pekan ini Polres Seruyan terus mengajak seluruh masyarakat agar lebih peduli dan bijaksana dalam mengahadapi musim kemarau mendatang.

Dimana sosialisasi tersebut bekerjasama dengan instansi lintas sektor, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Kejaksaan Negeri Kuala Pembuang, dan aparatur pemerintah Kecamatan Hanau dan Danau Seluluk.

AHMAD/BERITA SAMPIT – Foto bersama usai sosialisasi penanganan Karhutla di Kecamatan Hanau.

AKBP Agung Tri Widiantoro melalui Kabag Ops AKP Guntur Tri Bawono mengatakan, meskipun saat ini belum memasuki musim kemarau, namun pihaknya berharap upaya antisipasi dan penanggulangan Karhutla ini mesti dilakukan secara bersama.

“Berdasarkan pada pengalaman Karhutla tahun 2019 lalu, di Kabupaten Seruyan sendiri ada kecamatan yang sering terjadi karhutla dengan kategori tinggi, yakni di Kecamatan Seruyan Hilir dan Kecamatan Seruyan Hilir Timur,” katanya.

Selain itu, dia menyebut di Kecamatan Hanau ada sejumlah lahan tidur yang dinilai rawan Karhutla yang tersebar di beberapa desa, seperti di Desa Paring Raya, Bahaur, Desa Parang Batang, Desa Pembuang Hulu I dan Desa Pembuang Hulu II.

Dalam kegiatan tersebut Kabag Ops AKP Guntur Tri Bawono didampingi Kasat Intelkam AKP Masriwiyono, serta turut hadir Perwira Penghubung Kodim 1015/Sampit Mayor Inf Bambang Waluyo, Kepala BPBD Agung Sulistiyono, Polsek Hanau Ipda Budi Utomo, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kuala Pembuang Dewa Putu Oka, kepala desa, perwakilan perusaan sawit dan tokoh masyarakat.

(ASY/beritasampit.co.id)