Hadapi Pilkada, Polresta Palangka Raya Latihan Dalmas

LATIHAN: Istimewa/BERITA SAMPIT - Polresta Palangka Raya Melaksanakan Latihan Dalmas

PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merencanakan pergelaran Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020, yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di tengah kondisi saat ini.

Menyikapi hal tersebut, Polresta Palangka Raya yang akan menghadapi Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah terus meningkatkan kemampuan Pasukan Pengendalian Massa (Dalmas) melalui latihan rutin di markas komandonya Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Selasa 23 Juni 2020.

BACA JUGA:   Tim URC Covid-19 Terus Awasi Kedisiplinan Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan

Kasat Sabhara Polresta Palangka Raya, AKP Gatoot Sisworo menuturkan, latihan tersebut meliputi gerakan dan formasi dalam dalmas awal serta penggunaan peralatan tameng beserta perlengkapannya.

“Dalmas awal ini merupakan suatu tindakan Polri dalam menangani suatu kegiatan massa yang berjumlah besar dengan kondisi masih tertib dan teratur, atau dalam istilah kepolisiannnya adalah eskalasi hijau,” ungkap Kasat Sabhara.

Ia juga menambahkan, kegiatan dalmas awal tersebut merupakan upaya Polri dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat terjadinya kegiatan massa, serta mencegah terjadinya provokasi dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab yang dapat mengakibatkan kekacauan.

BACA JUGA:   Pedagang Harus Kantongi Surat Bebas Covid-19

“Dalam pelaksanaan di lapangan, dalmas awal melalui negasiator senantiasa menyampaikan imbauan-imbauan kepada massa agar melakukan aksinya secara damai dan tertib, serta semua upaya yang dilakukan harus menjunjung profesional dan humanis,” pungkasnya. (Hardi/Beritasampit.co.id)