Pemkab Seruyan Gelar Sosialisasi Karhutla di Kecamatan Hanau dan Danau Seluluk

AHMAD/BERITA SAMPIT - Foto bersama usai sosialisasi penanganan Karhutla di Kecamatan Hanau.

KUALA PEMBUANG – Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan sosialisasi Karhutla di Kecamatan Hanau dan Danau Seluluk.

Kegiatan yang dilakukan oleh BPBD, bersama Polres Seruyan, Perwira Penghubung Kodim 1015 dan Kejaksaan ini membahas terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan, serta sanksi bagi pelanggar aturan tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Seruyan Agung Sulistiyono menyebut bencana Karhutla menjadi urusan bersama, dia mengharapkan semua komponen ikut membantu pemerintah dalam penanganan Karhutla 2020 ini.

BACA JUGA:   Polda Kalteng Buat Terobosan Kreatif Memutus Rantai Covid-19

“Lebih awal lebih bagus, antisipasi awal perlu lebih dimaksimalkan lagi menjelang persiapan musim kemarau, persiapan Karhutla tahun 2020 ini saya mengharapkan partisipasi semua lapisan masyarakat karena bukan hanya kewajiban pemerintah semata, maka perlu partisipasi masyarakat dan dunia usaha,” katanya Selasa 23 Juni 2020.

Selain itu, dia juga meminta kepada masing-masing desa untuk membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA), “Kalau dari desa silahkan membentuk MPA, kalau personelnya bisa kita bantu untuk latih personelnya, termasuk persiapan peralatan akan kita fasilitasi,” ujarnya.

BACA JUGA:   Keluarga Korban Kecelakaan Sungai Sebangau Dapat Surat Dari Raja dan Ratu Belanda

Usai melakukan sosialisasi rombongan yang terdiri dari Kepala BPBD, Polres Seruyan, Perwira Penghubung Kodim 1015, dan kejaksaan juga menyambangi salah satu perusahaan PT Sinarmas dalam rangka mengecek kesiapan pelaku usaha dalam penaganan Karhutla.

(ASY/beritasampit.co.id)