Kerukunan dan Nilai-nilai Pancasila Modal Utama Sugianto Bangun Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran memberikan pengantar pada acara Seminar Online (Webinar) Nasional ‘Moderasi Beragama Kebangsaan’ melalui video conference di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Kamis 25 Juni 2020.

Webinar Nasional yang mengangkat tema ‘Strategi Penguatan Moderasi Beragama dan Kebangsaan di Era Pandemi Covid-19’ tersebut digelar oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Sebagai pembicara utama (keynote speaker) yaitu Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Yudian Wahyudi.

Dalam kegiatan itu, Sugianto mengungkap, bahwa pada tahun 2016 Provinsi Kalteng menerima anugerah kerukunan umat beragama atau Harmoni Award karena telah dinilai memenuhi kriteria sebagai daerah terbaik dalam memberikan pelayanan dan dukungan pemeliharaan umat beragama.

BACA JUGA:   Pengecekan Harga Pangan Menjelang Puasa, Yuas Elko: Harga Barang di Pasar Normal

Perlu diingatkan bahwa pada tahun 2016, Provinsi Kalteng patut berbangga karena berada di urutan pertama daerah dengan tingkat kerukunan tertinggi se-Indonesia.

Selain itu, Sugianto mengajak semua pihak, baik masyarakat, aparat maupun pemerintah melawan hoaks yang akan memicu keresahan massal di tengah situasi pandemi Covid-19 dan menjelang Pilkada serentak pada 9 Desember.

“Perang melawan hoaks harus dilakukan semua pihak, baik masyarakat, aparat maupun pemerintah,” tegas Sugianto.

Sementara itu, menurut Sugianto, modal utama dalam membangun daerah adalah kerukunan dan nilai-nilai Pancasila. “Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berkomitmen untuk mewujudkan kehidupan keagamaan dan kebangsaan yang sehat demi keutuhan NKRI,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kajati Kalteng: Pra Musrenbang Wadah Merumuskan Rencana Kerja Setiap Satker Kejaksaan Tinggi

Diketahui, narasumber dalam Webinar Nasional ini, antara lain Ketua PBNU K.H. Marsudi Syuhud, Direktur Diktis Kemenag RI Prof. Arsykal Salim, anggota Komisi VIII DPR RI H. Iwan Kurniawan, dan Rektor IAIN Palangka Raya H. Khairil Anwar.

Sugianto Sabran didampingi juga oleh Sekretaris Daerah Fahrizal Fitri, Inspektur Sapto Nugroho, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Mofit Saptono, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait. (Hardi/beritasampit.co.id).