Ratusan Pedagang Pasar Kuala Pembuang Ikuti Rapid Test

Ist/BERITA SAMPIT - Ratusan pedagang di Pasar Saik Kuala Pembuang menjalani rapid test.

KUALA PEMBUANG – Dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangan perluasan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Seruyan, sejumlah pedagang lokal yang ada di wilayah dalam kota Kuala Pembuang menjalani rapid test massal.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan Ruspandian Noor mengatakan, pelaksanaan rapid test massal ini diprioritaskan bagi masyarakat yang paling berisiko untuk terpapar Covid-19.

Dan salah satunya yakni para masyarakat atau pedagang yang menjalani aktifitas di pusat perbelanjaan masyarakat khusus pasar, karena mereka merupakan pihak yang sering berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya.

BACA JUGA:   Hasil Pleno KPU: Prabowo-Gibran Meraih Kemenangan Hingga 73 Persen di Kalteng

“Kalau untuk masyarakat umum itu kecuali memang ada gejala yang mengarah ke sana, tapi untuk agenda ini kita khususnya untuk para pelaku pasar yang banyak berinteraksi,” katanya, Jumat 26 Juni 2020.

Koordinator Penanganan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Seruyan ini juga menambahkan, untuk jumlah peserta yang mengikuti rapid test kali ini yakni sebanyak 150 orang yang bukan hanya terdiri dari para pedagang saja, namun para pelaku pasar lainnya seperti tukang parkir atau ojek pangkalan yang memang ada di sekitaran wilayah pasar sayur ikan (Saik) Kuala Pembuang.

BACA JUGA:   Yuas Elko Membuka Gelar Seni Budaya Hari Perempuan Internasional

Sementara itu, Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Seruyan Djainnu’din Noor mengatakan, pelaksanaan rapid test sendiri memang sudah diagendakan untuk seluruh kecamatan yang ada di Bumi Gawi Hatantiring.

“Tapi untuk jadwal secara khususnya akan diatur oleh Dinkes, seperti nanti di Hanau dan Bangkal, prioritas yang memang mempunyai tingkat resiko tinggi,” ujarnya.

(ASY/beritasampit.co.id)