BKSDA Pos Sampit Evakuasi Satu Orang Utan yang Masuk Kebun Warga

IST/BERITASAMPIT - Tim rescue saat mengevakuasi Orang Utan di Sampit

SAMPIT – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pos jaga Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil mengevakuasi satu individu orang utan jantan yang berumur sekitar 25 tahun.

“Pada hari ini Senin, 15 Juni 2020 pukul 07.20 WIB, pos Sampit menerima laporan via telpon dari warga yang bernama Jeck, ia memberitahukan tentang kemunculan dan gangguan Orang Utan di kebun Nanas miliknya,” ungkap Muriansyah, Komandan pos jaga Sampit BKSDA Kotim, Selasa 30 Juni 2020.

Lantas, pada pukul 08.00 WIB, pos Sampit melakukan observasi lokasi kemunculan dan gangguan Orang Utan. Lokasi gangguan berada di Jalan Lingkar Selatan, yakni Jalan Moh. Hatta

“Pada pengecekan di lapangan, satu individu Orang Utang berhasil ditemukan, dengan jenis kelamin betina. Namun Orang Utan sempat lari dan masuk ke semak-semak. Kita juga menemukan 3 sarang,” bebernya

“Selanjutnya, pada hari ini senin, 29 juni sekitar pukul 16.00 tim berhasil merescue 1 individu Orang Utan Jantan, umur sekitar 25 thn, berat 66 kg. Tim rescue, tim SKW II BKSDA Kalteng dan yayasan OFI, sementara ini masih ada 1 individu lagi di lokasi tersebut. Kita akan terus lakukan pemantauan. Sedangkan individu Orang Utan yang kita evakuasi di bawa ke kantor BKSDA, SKW II di pangkalan Bun setelah pemeriksaan oleh tim dokter, dan finyatakan sehat, akan dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP),” tutupnya. (Jimmy)