Ini Kata Kapolres Kobar Soal Motto Kapolda Kalteng

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo

PANGKALAN BUN – Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, untuk memberi dukungan dan semangat kepada kinerja seluruh jajaran POLRI di Wilayah Hukum Kalimantan Tengah, telah mengeluarkan Motto 5 S . Motto tersebut yakni, Soliditas, Speed, Smart, Strong Leadership, dan Sinergi.

Menanggapi motto Kapolda Kalteng tersebut, Kapolres Kobar AKBP E Dharma B Ginting, mengatakan kalau itu gunanya untuk mewujudkan Polisi yang Promoter (Profesional Moderen Terpercaya).

800

“Karena diawali dengan Motto Prinsip Kerja 5 S sehingga menjadi Polisi IDEAL (Integritas Dedikasi Empati Amanah Loyalitas) dan Polisi yang Promoter kini di Wilayah Hukum Polda Kalteng sudah terwujud,” kata Kapolres saat dibincangi beritasampit.co.id, Selasa,30 Juni 2020.

Kapolres menjelaskan arti dari lima poin motto tersebut yakni:

SOLIDITAS
Soliditas merupakan modal dasar,pondasi dan juga cermin dalam organisasi, kesatuan, persatuan, kesamaan secara equal harus terus dipertahankan dengan baik, organisasi tidak mungkin bisa mencapai Visi-Misi dengan baik, jika didalamnya tidak solid terdapat fraksi-fraksi atau terkotak-kotak, semua berlaku equal.

Yang utama dalam penekanan kinerja soliditas merupakan harga mutlak dalam pencapaian kinerja, semua harus solid dalam segala hal, pimpina dan anggota, pimpinan dengan sesame pimpinan, anggota dengan sesma anggota harus solid.

BACA JUGA:   Wabup Kobar: Kades dan Aparatnya Tidak Boleh Menerima BLT-DD

SPEED
Ekspetasi masyarakat pada Kepolisian dari hari ke hari semakin tinggi. Tanpa speed dan reponsif, kita akan menjadi bulan-bulanan masyarakat, kecepatan dalam merespon setiap gejalan dan potensi gangguan kamtibmas di wilayah kita, kita harus cepat to save and to protect.

SMART
Kecerdasan intelektual saja tidak cukup tapi harus diiringi dengan kecerdasan emosional yang terjaga baik kecerdasan sipiritualpun harus ditingkatkan, smart dan speed berkaitan erat.

Anda perlu cerdas agar dapat bertindak responsif dan mengambil keputusan tepat. Pertimbangkan juga impact dari keputusan tersebut, semua level pimpinan harus mampu, melakukan tindakan yang seperti itu karena dinamika masyarakat tidak bisa kita ubah.

STRONG LEADERSHIP
Jadilah pemimpin bagi diri anda sendiri sebelum menjadi pemimpin untuk orang lain, baik bintara tinggi para perwira hingga level direktur, harus betul-betul dekat dengan anggota masing-masing. Anda harus paham betul, karakteristik anggota, mengerti kendala yang meraka hadapi, semakin anda dekat dengan anggota, komunikasi akan berjalan dengan baik. Anda akan menjadi pemimpin yang hebat dan kuat karena anda memahami talenta,dan kompetisi anggota masing-masing. Tiap pemimpin harus mampu mencari solusi dari problem yang dihadapi anggota.

BACA JUGA:   Jalan Rungun - Kondang Rusak Parah, Dinas PUPR Turunkan Tim

SINERGI
Kita sadar bahwa Polisi tidak bisa kerja sendiri,kita tidak akan bisa bekerja tanpa didukung oleh satuan-satuan lain, sehebat apapun kita , kita tidak bisa menghadapi situasi dinamikan Kamtibmas yang ada di Kalimantan Tengah sendirian.

Kita butuh bersinergi dengan rekan-rekan TNI yang dapat membantu kita setiap saat. Kuminikasi saat ini cukup baik dan harus kita tingkatkan, komunikasi bukan hanya antar pimpinan saja, tapi juga hingga rekan-rekandi level bawah, harus ada chemistry , ada hubungan emosional yang terjalin dalam setiap kegiatan, tak bisa hanya sesaat.

“Diusianya yang ke 74 Bhayangkara, semoga POLRI semakin jaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif , HIDUP BHAYANGKARA JAYALAH INDONEIA,” tegas Kapolres AKBP E Dharma B Ginting. (man/beritasampit.co.id).