Kodim 1011/Klk Lestarikan Warisan Budaya Bangsa

IST/BERITA SAMPIT - Pertunjukan seni bela diri Kuntau.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka melestarikan warisan budaya bangsa, Kodim 1011/Kuala Kapuas menyelenggarakan pagelaran pencak silat tradisional Kuntau bertempat di halaman Makodim 1011/Klk. Kegiatan ini juga merupakan program komunikasi sosial kreatif yang dilaksanakan oleh Kodim 1011/Klk.

Kodim 1011/Klk selaku satuan komando kewilayahan (Satkowil) melalui Komsos kreatif ini berperan serta mendorong semangat dalam melestarikan budaya bela diri silat tradisional khususnya bela diri Kuntau yang ada di Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Presiden Jokowi ke Kapuas, Bupati Ben Yakin Program Food Estate Berhasil

“Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) kreatif dan inovatif. Selain itu untuk menyambung silaturahmi serta menjaga kebugaran tubuh. Salah satu benteng menghadapi berbagai penyakit adalah dengan cara berolahraga khususya olahraga pencak silat tradisional kuntau,” kata Dandim 1011/Klk, Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Rabu 1 Juli 2010.

Melalui Komsos kreatif ini, katanya, Kodim 1011/Klk mengajak para atlet silat menjadi pelopor dalam melestarikan seni budaya bangsa yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas.

BACA JUGA:   Bupati Kapuas Monitoring Pelaksanaan PSBB Tahap II

“Seni bela diri Kuntau ini merupakan seni budaya asli Indonesia yang harus selalu kita lestarikan bersama. Untuk itu mari kita bersama-sama melestarikannya,” ucapnya.

Selama kegiatan pertandingan silat ini, Ary Bayu berpesan, masing-masing peserta silat untuk menjunjung tinggi sportifitas dan tetap menjaga persatuan, pagelaran tersebut bukan untuk mencari juara tetapi adalah persaudaraan. (Hardi/beritasampit.co.id).