Pemda dan TNI Bersama Elemen Masyarakat Realisasikan Program TMMD

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat serah terima naskah kerjasama dengan DanremĀ 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

SUKMARA – Dalam rangka membangun desa, Pemerintah Daerah (Pemda) Sukamara dengan TNI dan semua elemen masyarakat kerjasama melaksanakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Pelaksanaan TMMD ini untuk peningkatan kesejahteraan dan kualitas SDM serta roda ekonomi,” ujar Bupati Sukamara Windu Subagio pada acara pembukaan program TMMD Reg ke-108 Kodim 1014/Pangkalan Bun, Selasa 30 Juni 2020.

Acara pembukaan TMMD yang tetap melaksanakan protokol kesehatan digelar di Aula Desa Bangun Jaya SP3, Kecamatan Balai Riam, oleh Bupati Sukamara Windu Subagio, dihadiri Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kasrem 102/Pjg, Wakil Bupati Sukamara, Ketua DPRD Sukamara, Dandim 1014/Pbn, Kepala BKKBN Provinsi Kalteng, Waka Polres serta unsur Forkopimda Sukamara dan Camat Balai Riam.

BACA JUGA:   Penghuni Lapas Sukamara Dapat Pelatihan Membuat Pelindung Wajah

Pembukaan TMMD dilakukan secara simbolis dengan penanda tanganan berita acara penyerahan pekerjaan TMMD dari Bupati Sukamara, Windu Subagio kepada Dansatgas TMMD, Letkol Inf Yudi Rianto Ratu. Dalam acara pembukaan TMMD ini juga sekaligus dilakukan pencanangan program TNI Manunggal KB Kesehatan Provinsi Kalteng tahun 2020 oleh Kepala BKKBN Provinsi Kalteng, Muhammad Rizal.

Windu Subagio mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum TMMD guna memperkokoh persatuan dan kesatuan, menanamkan rasa saling membantu, gotong royong dan toleransi.

BACA JUGA:   Prinsip TMMD Menyatu Dengan Masyarakat dan Pemda

Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengatakan, TMMD ini bertujuan untuk percepatan pembangunan di suatu daerah. Dengan memberdayakan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pembangunan sehingga masyarakat ikut merasa memiliki dan menjaga hasil dari TMMD.

TMMD di Desa Bangun Jaya salah satunya adalah pembangunan embung, yang bisa untuk pertanian dan air bersih. Serta ada pembangunan terpadu untuk aparat Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat.

“Saya atas nama TNI AD mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bupati dan segenap Forkopimda Sukamara yang telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan TMMD ini,” ungkapnya. (Man/beritasampit.co.id).