Ketua DPRD Jabarkan Makna Peringatan Hari Jadi ke-18 Kabupaten Sukamara

SUKAMARA – Ketua DPRD Sukamara, Denny Khaidir mengatakan bahwa dalam peringatan Hari Jadi ke 18 Kabupaten Sukamara memiliki makna sebagai referensi dalam menapaki masa kini dan masa depan.

Hal itu diungkapkan Denny Khaidir saat memimpin rapat paripurna di aula DPRD Sukamara, Kamis (2/7/2020).

“Tidak terasa Kabupaten Sukamara pada hari ini tepat berusia 18 tahun,” kata Deni Khaidir.

Denny Khaidir menjelaskan jika memperingati hari jadi secara filosofi dapat bermakna retrospektif yaitu merupakan sebuah peringatan untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah.

“Sejarah lahir dan sebuah masa lalu adalah pondasi yang sangat bernilai sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan,” terang Denny.

Denny melanjutkan bahwa makna lain dalam peringatan hari jadi adalah introsfektif sebagai sarana mawas diri atau Introspeksi diri, bukan hanya suatu proses seremonial yang dilaksanakan dari tahun ketahun.

“Setiap etape perjalanan kehidupan ini selalu bermakna karena mampu memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kedepan,” jelasnya.

“Kemudian yang terakhir adalah prospektif, yang artinya melalui perayaan hari ulang tahun kita berupaya mendesain masa depan berlandaskan realita dan dinamika kekinian tanpa merupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah di masa lalu,” tukas Denny. (enn/beritasampit.co.id)

(Visited 4 times, 1 visits today)