Jaga Ketahanan Pangan, Polresta Palangka Raya Kelola Lahan Perkebunan Produktif

IST/BERITA SAMPIT - Lahan perkebunan produktif yang dikelola personel Polresta Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palangka Raya terus berinovasi mendukung program menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan menggarap lahan kosong yang berada di belakang Markas Komando, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, untuk dikelola menjadi perkebunan produktif.

Kapolresta Palangka Raya, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, melalui Kabag Sumda Polresta Palangka Raya, Kompol Isak Kilay menerangkan, pengelolaan kebun akan dilakukan oleh seluruh personel, dengan memberikan tanggungjawab kepada setiap bagian, satuan hingga seksi kerja di instansi tersebut.

BACA JUGA:   Polisi Kembali Gunakan Water Conon Semprotkan Desinfektan di Ruang Publik

Beragam tumbuhan produktif ditanam pada kebun tersebut, yang dapat menghasilkan buah dan dikonsumsi, seperti pepaya, jambu biji, mangga, pisang, rambutan hingga kelapa. “Selain itu, ditanam juga sayur-sayuran organik di kebun tersebut menggunakan metode hidroponik, seperti bibit bayam, tomat, cabai dan terong, yang dikelola oleh para Bhayangkari,” ujar Kompol Isak Kilay, Jumat 3 Juli 2020.

BACA JUGA:   Ketua Pusat Penelitian Gender dan Perlindungan Anak, Apresiasi Langkah Tegas UPR

Hasil dari perkebunan tersebut, tambahnya, nanti akan dibagikan kepada para anggota beserta keluarganya, termasuk juga masyarakat yang tinggal disekitaran Asrama Polresta Palangka Raya.

“Semoga hal ini dapat menjadi motivasi masyarakat sekitar atau bahkan anggota kami sendiri, untuk turut mengelola kebun mandiri di rumah masing-masing, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dalam lingkup keluarga,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).