Metode Dialogis Jadi Upaya Bhabinkamtibmas Cegah Terjadi Karhutla

DIALOG : IST/BERITA SAMPIT - Bhabinkamtibmas Sabhara Polresta Palangka Raya, Aipda Hendri saat menyampaikan imbauan kepada warga agar tidak melakukan pembakaran lahan.

PALANGKA RAYA – Selain patroli terpadu yang dilakukan oleh para Bhabinkamtibmas Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya juga turut berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan metode dialogis.

Patroli yang dilakukan oleh Aipda Hendri bersama rekannya tersebut, menyambangi lahan perkebunan milik warga di sekitaran Jalan Hiu Putin, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat 3 Juli 2020.

BACA JUGA:   Operasi Tumor Gratis, Armani Ucapkan Terima Kasih Kepada Gubernur Kalteng

Sembari berdialog tentang situasi Kamtibmas, Hendri juga menyampaikan, imbauan agar tidak melakukan pembakaran lahan, mengingat saat ini telah memasuki musim kemarau yang mengakibatkan kondisi tanah menjadi kering.

“Hampir seluruh wilayah di Kalimantan Tengah memiliki tanah bertekstur gambut dan termasuk pada lahan ini, yang sangat berpotensi mengakibatkan Karhutla apabila tersulut api,” kata Aipda Hendri.

Peristiwa Karhutla menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan pihak kepolisian di daerah Kalimantan Tengah, mengingat pernah terjadinya hal tersebut pada tahun 2015 silam yang mengakibatkan bencana kabut asap terparah berskala nasional.

BACA JUGA:   Kapolsek Pahandut Berikan Pemahaman Prosedur Pemakaman Pasien Suspek Covid-19

“Marilah kita bersatu untuk mencegah terjadinya Karhutla, yang menjadi pemicu bencana kabut asap dan tentunya akan memparah kondisi kesehatan Kota Palangka Raya di tengah wabah Covid-19 yang melanda saat ini,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id).