Unit Sosbud Satintelkam Silaturahmi dan Imbau Karhutla Kepada Tomas di Samba Danum

SILATURAHMI : IST/BERITA SAMPIT - Suasana saat Unit Sosbud Satintelkam Silaturahmi dengan tokoh masyarakat Robinson.

KASONGAN – Pesonel Unit III Sosbud Satuan Intelkam Polres Katingan melakukan silaturahmi dengan salah satu Tokoh Masyarakat (Tomas) di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah, Robinson di kediamannya Desa Samba Danum, Katingan Tengah, Minggu 5 Juli 2020.

Kasat Intelkam Ipda Febby Dwi Handayani, mengatakan, apa yang dilakukan anggotanya tersebut untuk mendukung tugas Kepolisian dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta meminimalisir adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Katingan. Sehingga dari hal itulah perlu dukungan dari para tokoh masyarakat maupun warga yang ada Katingan Tengah.

Ipda Febby Dwi Handayani menjelaskan, setelah berbincang-bincang dengan bapak Robinson, dan menyambut baik serta bersedia mendukung Kepolisian dalam menjalankan tugasnya untuk menjaga Kamtibmas di Katingan Tengah.

“Sudah hampir satu minggu ini belum ada turun hujan, dan mungkin sudah mulai memasuki musim kemarau. Biasanya pada bulan Mei, Juni dan Juli di wilayah Kecamatan Katingan Tengah masyarakat mulai melakukan penebasan dan penebangan pohon untuk dijadikan lokasi tempat berladang,” jelas tokoh masyarakat Katingan Tengah Robinson saat berbincang dengan Pesonel Unit III Sosbud Satuan Intelkam Polres Katingan.

Dirinya juga mengatakan, siap membantu pihak Kepolisian dalam sosialisasi pencegahan dan pananganan Karhutla di wilayah Kabupaten Katingan, khususnya di Kecamatan Katingan Tengah.

Selain itu perlu dilakukannya pengawasan dan pengaturan jadwal pembakaran ladang masyarakat apabila itu memang diperbolehkan, untuk menghindari terjadinya kebakaran yang meluas dan kabut asap tebal akibat pembakaran ladang secara bersamaan. (Annas/beritasampit.co.id).