Gubernur Tinjau Pelaksanaan Rapid Test Massal dan Lokasi Kunker Presiden di Kapuas

IST/BERITA SAMPIT - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran beserta Forkopimda Kalteng meninjau pelaksanaan Rapid Test Massal masyarakat di Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Selasa 7 Juli 2020. Sugianto mengimbau masyarakat memakai masker untuk menekan penyebaran Virus Corona.

“Masker wajib dipakai karena saat ini kita memasuki zaman yang baru. Kita harus disiplin kalau mau selamat. Kalau belum ada obatnya, jangan coba-coba, jangan meremehkan karena sudah banyak yang meninggal. Sayangi diri, sayangi keluarga,” ucapnya saat bertatap muka dengan warga di lokasi Rapid Test Massal.

Sebelumnya, Sugainto meninjau lokasi helipad di Desa Petak Batuah, Kecamatan Dadahup dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI. Gubernur dan rombongan disambut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Forkopimda setempat. Ben Brahim mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng dan unsur Forkopimda lainnya atas bantuan pelaksanaan Rapid Test Massal di wilayahnya.

Dikatakannya, bahwa Kapuas sudah melaksanakan PSBB tahap kedua yang berakhir tanggal 4 Juli lalu dan saat ini tren penyebaran Virus Corona menurun di Kabupaten Kapuas. Selain itu juga telah dilakukan Rapid Test Massal secara massif kepada lebih dari 10.000 warga.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng ingatkan Pemda Tidak Lengah Meski Kasus COVID-19 Alami Penurunan

Sementara itu, Kabinda Kalteng Brigjen Pol M. Slamet Urip Widodo menyampaikan terima kasih kepada warga yang sudah secara sadar datang ke lokasi untuk menjalani Rapid Test. “Terima kasih Bapak/Ibu karena dengan sadar dan sukarela datang ke sini untuk dites, terpapar (Corona) atau tidak,” ucapnya.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedy Prasetyo yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menegaskan, bahwa Desa Bentuk Jaya ini adalah Desa Lewu Isen Mulang yang tangguh dari Corona (Covid-19), tangguh terhadap kebakaran hutan, dan akan dijadikan pilot project oleh pemerintah sebagai desa yang memiliki ketahanan pangan, sehingga hal-hal positif tersebut perlu dijaga dengan mengikuti protokol kesehatan, menjaga hutan dan lahan, serta bekerja keras meningkatkan produksi pangan.

Kegiatan kali ini dirangkai dengan penyerahan hasil Rapid Test Massal secara simbolis kepada 4 perwakilan warga oleh Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng, Kabinda Kalteng, dan Bupati Kapuas. Selain itu, juga dirangkai dengan penyerahan bantuan masker dan handsanitizer dari Pemerintah Provinsi Kalteng. Bantuan diserahkan oleh Gubernur Kalteng kepada Kepala Desa Bentuk Jaya dan Kepala Desa Dadahup.

BACA JUGA:   UMKM Kalteng Kini Punya Sarana Tepat Menembus Pasar Global

Sejumlah Kepala SOPD Kalteng tampak hadir mendampingi Gubernur dalam kegiatan hari ini, antara lain Kadis TPHP Sunarti, Kalaksa BPBPK Darliansjah, Kadis Kesehatan Suyuti Syamsul, Kadis PUPR Shalahuddin, Plt. Kadis Perhubungan Yulindra Dedy, Plt. Kadis Ketahanan Pangan Lilis Suryani, serta Plt. Kepala Biro Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kalteng Sutoyo. Tampak hadir pula anggota DPR RI Dapil Kalteng Agustiar Sabran.

Untuk pelaksanaan Rapid Test Massal di Kapuas dan Pulang Pisau dikerahkan 80 tenaga kesehatan (Nakes), dengan masing-masing 40 Nakes di setiap Kabupaten. Dalam kunjungannya ini, Sugianto jugamenyerahkan bantuan uang tunai secara pribadi kepada para Nakes yang bertugas.

Disediakan 1000 alat Rapid Test untuk 4 lokasi di Kabupaten Kapuas, di mana salah satunya adalah Desa Bentuk Jaya A5. Saat kunjungan berlangsung, Rapid Test sudah dilakukan terhadap 177 warga dari target 250 warga di Desa tersebut, dengan hasil non-reaktif. (Hardi/beritasampit.co.id).