Rombongan DLH Kobar Susur Sungai Bersihkan Sampah Pasca Banjir

RISA/BERITA SAMPIT - Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan B3 DLH Kobar M Robianoor saat melakukan peninjauan di sungai Arut.

PANGKALAN BUN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) susur sungai meninjau sampah di Sungai Arut, Selasa 7 Juli 2020. Kegiatan ini dipimpin Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan B3 DLH Kobar M Robianoor yang di dampingi oleh jajarannya.

Kegiatan ini dilakukan untuk meninjau sampah yang ada di sungai Arut pasca banjir, karena masih maraknya masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya, dan malah membuang sampah di bantaran sungai Arut.

M Robianoor mengatakan, karena masih saja masyarakat ada yang tidak mengindahkan peringatan buang sampah pada tempatnya, hal ini membuat tumpukan sampah rumah tangga memunuhi anak sungai Arut.

“Dan karena dari tumpukan Sampah tersebut, yang nantinya dapat memicu timbulnya suatu penyakit akibat tumpukan sampah dan juga dapat mencermari sungai Arut,” ucapnya.

Kedepannya DPL Kobar, katanya, akan menyediakan getek khusus untuk mengangkut sampah di sungai. Untuk sementara ini pihaknya sudah menyediakan 2 getek, yakni satu getek besar untuk menyusuri sungai dan satu getek kecil untuk menyusuri sungai buun.

Selain itu, untuk kedepannya DLH Kobar akan mengajukan program untuk pengadaan getek yang lebih besar yang khusus untuk mengangkut sampah di sungai, hal ini dilakukan untuk melakukan pengangkutan sampah dalam jumlah banyak.

M Robianoor juga menghimbau kepada masyarakat, apabila getek khusus pengangkutan sampah sudah terealisasi, warga diimbau untuk tidak membuang sampah ke sungai Arut, agar nantinya tidak menimbulkan penumpukan sampah kembali. (Risa/beritasampit.co.id).