Menumbuh Kembangkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, Inilah yang dilakukan Tim Satgas TMMD

Oleh: Maman Wiharja

Penulis masih ingat dulu saat duduk dibangku Sekolah Rakyat (SR) sekarang Sekolah Dasar (SD),sekitar tahun 1962 ketika itu pasukan TNI dari ‘Kujang’ Bandung Jawa Barat disambut hangat warga masyarakat Kabupaten Ciamis.

Karena kedatangan pasukan TNI waktu itu,mau menjaga keamanan warga masyarakat Ciamis, dari serangan Gerombolan DI Karto Suwiryo, yang sembunyi di sekitar Gunung Sawal,Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis.

Ratusan pasukan TNI,disambut warga dengan terbuka untuk menginap dirumah-rumah warga, termasuk dirumah penulis juga ada 2 anggota TNI yang nginap. Mereka saat nginap,ternyata bisa juga masak sayur lodeh, dan saya sendiri waktu kecil itu kagum melihat senjata ‘bedil’ laras panjang,yang dimiliki angoota TNI.

BACA JUGA:   Satlantas Masuk Pasar, Disambut Gembira Para Pedagang

Jadi, saat penulis diberi rilis berita dan foto sejumlah anggota Satgas TMMD nginap di rumah warga yang juga membantu memasak, penulis jadi teringat kenangan lama waktu kecil.

Dengan adanya bukti sejumlah personil Satgas TMMD nginap dirumah warga dan membantu masak, ternyata Kemanunggalan TNI bersama rakyat, sejak dulu sampai sekarang tidak pernah putus, malah semakin erat terpatri menjadikan satu tekad kebersamaan dengan mencetuskan semboyan ‘NKRI Harga Mati’.

BACA JUGA:   Komite Sekolah di Kobar Diminta Kembalikan Biaya Pungutan Dari Orang Tua Murid

“Betul Pak,saya salut ternyata Bapak-bapak TNI yang bertugas di TMMD bisa masak”,kata Saifudin salah satu warga RT.10 RW 02 Desa Bangun Jaya Kecamatan Balai Riam,Minggu,5 Juli 2020.

Saefudin juga dengan jujur mengatakan,kehadiran Tim Satgas TMMD Reg.Ke.108 Kodim 1014 Pangkalan Bun,menginap dirumahnya akan menjadi kenangan sepanjang hidupnya,berarti sama pula dengan penulis.

Mari kita doakan semoga program TMMD Reg.Ke.108 Kodim 1014 Pangkalan Bun,berhasil sukses bisa mewujudkan cita-cita warga masyarakat di Desa Bangun Jaya SP4 Kecamatan Balai Riam,mendapat perubahan kearah yang lebih baik,khususnya kesejahteraanya lebih meningkat.(man)