Saksikan Peresmian Food Estate, Kapolda Ungkap Dipilih Wilayah Kapuas dan Pulang Pisau

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, saat akan mendampingi Presiden RI Ir Joko Widodo meninjau lahan Food Estate.

PALANGKA RAYA – Setelah tiba mempergunakan helikopter dari Kota Palangka Raya menuju Kabupaten Kapuas, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, terlihat menjadi saksi dalam peresmian Food Estate dan meninjau saluran irigasi Sambo Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kamis 9 Juli 2020.

“Salah satu program yang dicanangkan Presiden RI Ir Joko Widodo sekarang yaitu tentang ketahanan pangan nasional dan dalam hal ini Desa Bantu Jaya menjadi lumbungnya. Dipilihnya wilayah ini sebagai Food Estate karena merupakan lahan yang dicanangkan perluasan lahan sawah baru di Kalteng yang nantinya surplus produksi beras untuk memenuhi kedaulatan pangan terutama beras secara regional,” ungkap Dedi Prasetyo.

BACA JUGA:   Hari Ini, Sugianto Sabran - Edy Pratowo Deklarasi di Tugu Soekarno

Dedi menerangkan, dengan tersedianya lahan yang mumpuni untuk bertani diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan nasional khususnya dalam pemenuhan kebutuhan wilayah Kalteng itu sendiri. Terlebih pola tanam nantinya yang akan diterapkan yaitu metode tumpang sari. Dimana, masyarakat akan merasakan langsung manfaat dari bercocok tanam yang telah diresmikan Presiden RI tersebut.

“Pada kesempatan yang sama, beliau juga meninjau daerah Pulang Pisau tentang hal yang sama yaitu saluran irigasi Sambo. Dimana, aliran air ini dapat mencukupi irigasi yang dipergunakan untuk wilayah persawahan nantinya,” tutupnya. (Hardi/beritasampit.co.id).