Tiba di Dadahup, Presiden dan Menteri Langsung Cek Kesiapan Lahan Food Estate

PENINJAUAN : IST/BERITA SAMPIT - Presiden Jokowi dan para Menteri, yang didampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tinjau lokasi lahan Food Estate di Kecamatan Dadahup.

KUALA KAPUAS – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) tiba di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, yang didampingi Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, Bupati Kapuas Ben Brahim dan Menteri Pertahanan Prabowo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki, langsung meninjau lokasi Food Estate, Kamis 9 Juli 2020.

Jokowi langsung memantau dan cek berbagai kesiapan lahan sebagai pengembangan program nasional Food Estate (Lumbung pangan). Jokowi tampak melakukan diskusi dengan Prabowo serta Menteri lainnya, kemudian sesekali sambil berjalan kaki diskusi dengan Gubernur Sugianto mengenai kondisi wilayah dan lahan.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan. Pemerintah Pusat targetkan tahun 2020 pengembangan Food Estate di Kalteng sudah berfungsi, sebagai daerah yang diharapkan menjadi ketahanan pangan baru.

Food Estate ini akan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024. Konsep pengembangan Food Estate di Kalteng meliputi diversifikasi pangan yang digarap di area seluas 164 ribu hektare. Targetnya pada 2021 mulai dilakukan, serta di tahun 2022 lahan seluas 164 ribu hektare sudah bisa dioptimalkan produksinya.

BACA JUGA:   Kalteng Selalu Berupaya Maksimal dalam Menekan Angka Inflasi di Daerah

Sebelumnya Sugianto Sabran, menyampaikan kepada Pemerintah Pusat untuk mengutamakan warga lokal Kalteng dan petani yang sudah ada melaksanakanya, termasuk juga Dinas terkait di Pemprovinsi Kalteng melakukan pelatihan hingga mengutamakan masyarakat serta generasi milineal atau mahasiswa dan siswa pertanian berperan membangun Kalteng terutama dalam hal Food Estate tersebut. (Hardi/beritasampit.co.id).