Update 9 Juli 2020 : Pasien Positip Covid-19 di Kobar Bertambah

IST/BERITA SAMPIT - Peta Sebaran Covid-19 di Kotawaringin Barat. 09 Juli 2020.

PANGKALAN BUN – Pasien positif covid-19 atau corona di Kabupaten Kotawaringin Barat kembali bertambah, jumlah ini berdasarkan laporan Gugus Tugas Covid 19.

Sebaran Covid 19 di Kabupaten Kobar Kamis,9 Juli 2020 Pukul 14.00 WIB jumlah positif dalam perawatan 67 orang. Sembuh 90 orang, Meninggal 2 orang. Jumlah Terkonfirmasi 159 orang.

Menurut laporan data Gugus Tugas, jumlah positif covid 19 paling banyak dari Kecamatan Arut Selatan (Arsel) positif sebanyak 58 orang,sembuh 33 orang, PDP 26 orang. Kecamatan Kolam nihil, Kecamatan Kumai positif 7 orang, sembuh 14 orang, PDP 4 orang dan meninggal 1 orang.

Kecamatan Arut Utara (Aruta) nihil, Kecamatan Pangkalan Banteng hanya PDP 1 orang, sembuh 12 orang dan Kecamatan Pangkalan Lada,positif 2 orang, PDP 2 orang, sembuh 25 orang.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

Meningkatnya jumlah pasien positif, pemerintah daerah terus mengiatkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dalam rangka mengendalikan penyebaran virus pandemi covid-19.

“Maka, Bapak dan Ibu tolong kita ikuti protokol yang semakin ketat ini yaitu bahwa kalau kita keluar,  biarpun tidak ke kerumunan massa, wajib pakai masker untuk saling melindungi satu sama lain karena menurut WHO ada satu golongan baru dalam proses penularan wabah ini yaitu OTG, orang tanpa gejala,” ungkap Bupati Kobar Hj Nurhidayah selaku ketua Gugus Tugas Covid-19 Kobar.

Pasalnya, OTG merupakan dimana kondisi suhu tubuh normal, tidak batuk tapi sudah membawa virus karena daya tahan tubuhnya cukup kuat.

BACA JUGA:   Belajar dari Kasus Marina: Pj Bupati Kobar Minta Tidak Terjadi Kembali 

“Siapapun di antara kita yang sempat bepergian ke wilayah zona merah atau wilayah yang sudah ada warganya positif Covid-19, bisa jadi sudah menjadi OTG. Maka kita lindungi orang lain dari virus yang mungkin kita bawa itu,” pesanya.

Bupati juga optimis pandemi ini dapat berakhir dengan dorongan dan semangat semua pihak.

“Semoga tidak ada satupun dari kita kena, sampai wabah ini tuntas diselesaikan, dengan mengikuti aturan atau protokol yang mungkin akan semakin ketat. Ingat.. Mulai Hari Ini Semua Gunakan Masker,” harapnya.

(man/beritasampit.co.id).