Bandara H Muhammad Sidik Rencananya Diresmikan Presiden

MUARA TEWEH – Pihak pemerintah Kabupaten Barito Utara, menggelar rapat koordinasi bersama Humas Kementrian Perhubungan Republik Indonesia terkait persiapan peresmian Bandara H Muhammad Sidik.

Rapat yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Barito Utara tersebut, dipimpin oleh Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Sekretaris Daerah H Jainal Abidin, Kepala Perangkat Daerah serta dihadiri Pejabat Humas Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sugianto dalam rapat tersebut mengatakan, bahwa pemerintah Kabupaten Barito Utara terus berupaya mewujudkan cepat terealisasinya Bandara di daerah Iya Mulik Bengkang Turan, Barito Utara.

Maka dari itu, seiring dengan telah terlaksananya pembangunan Bandara H Muhammad Sidik yang berada di Kecamatan Teweh Baru. Maka Bandara tersebut ditargetkan rampung Tahun 2020 ini, sesuai yang diharapkan.

Menurutnya saat ini kondisinya dalam percepatan pembangunan infrastruktur penunjang Bandara.

“Jadi Bandara H Muhammad Sidik memiliki landasan pacu 1400 meter, dan lebar 30 Meter, serta apron seluas 110.25 meter dengan lebar 80 meter, taxiway 173 meter dan lebar 18 meter serta memiliki terminal seluas 1.250 meter persegi,” papar Sugianto Sabtu 11 Juli 2020.

Sementara dari pihak Humas dari perwakilan Kementrian Perhubungan, Irena Mariska menyampaikan. Bahwa sehubungan akan diresmikannya Bandara H Muhammad Sidik, pada Tahun 2020 ini, maka pihaknya melakukan koordinasi.

“Dari 15 bandara yang telah dibangun oleh Kementrian Perhubungan RI, maka perlu diketahui nantinya Bandara Muara Teweh akan diresmikan oleh Pejabat Pemerintah Pusat, sebelum diresmikan kami dari Kementrian Perhubungan akan mempublikasikan bandara H Muhamad Sidik ini untuk disampaikan kepada Dirjen Perhubungan dan saya berharap Bandara baru ini nantinya akan mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar,”jelas Irena.

Sementara ditempat terpisah Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyampaikan, dimana Bandara H Muhammad Sidik ini nantinya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Barito Utara karena sesuai target Kementerian Perhubungan peresmiannya di Tahun 2020 ini juga.

“Karena menjadi salah satu prioritas pembangunannya yang harus selesai dan tepat waktu, dan mudah-mudahan Presiden RI berkenan dan ada waktu meresmikannya,” kata H Nadalsah.

(shp/beritasampit.co.id)