Kaya Miskin Sama, Tahun 2020 Ini Semua Siswa Akan Terima Seragam Sekolah Gratis

MAN/BERITA SAMPIT - Ilustrasi pembagian seragam gratis untuk siswa.

PANGKALAN BUN – Semua siswa-siswi SD dan SMP sederajat di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) baik yang berasal dari keluarga kaya atau miskin mendapat seragam sekolah gratis dari Pemerintah Kabupaten tahun pelajaran 2020/2021 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar Rosehan Pribadi melalui Sekretarisnya Kartono, Sabtu 11 Juli 2020 megatakan, Bupati Kobar Hj Nurhidayah akan membagikan seragam sekolah gratis itu kepada 9.500 siswa-siswi untuk meringankan beban orangtua murid.

“Tahun ini tidak ada istilah untuk orang miskin atau kaya, pokonya seragam sekolah gratis dibagikan untuk semua kepada 9.500 anak sekolah,” katanya.

BACA JUGA:   Bupati Hj Nurhidayah Turun Langsung Serahkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir

Diungkap Kartono, untuk pembelian seragam gratis tersebut disiapkan anggaran sebesar Rp 5,7 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kobar tahun 2020.

“Untuk tingkat SD/sederajat sebanyak 5.000 peserta didik dengan anggaran sebesar Rp 3 miliar dan tingkat SMP/sederajat sebanyak 4.500 peserta didik dengan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar sehingga total anggaran mencapai Rp 5,7 miliar untuk 9.500 peserta didik baru,” ungkap Kartono.

BACA JUGA:   Dinas PUPR Kobar Akan Segera Membuka Akses Jalan 2 Desa di Kecamatan Kolam

Setiap peserta didik baru baik SD maupun SMP akan mendapatkan 3 jenis seragam gratis yakni seragam putih – merah, seragam pramuka dan seragam batik khas Kobar.

“Pendistribusian seragam gratis ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2020 ini, untuk itu kami minta pihak sekolah untuk bersabar dan jangan melakukan pungutan liar untuk semua jenis seragam sekolah karena sudah digratiskan,” tegas Kartono. (Man/beritasampit.co.id).