Dinas Perikan dan Kelautan Perkenalkan Teknik Budidaya Ikan Sistem Bioflok

Ist/BERITA SAMPIT- Salah satu contoh pengembangan budidaya ikan mdelalui system bioflok.

PANGKALAN BUN – Bupati Kobar Hj Nurhidayah meminta seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Kobar harus tetap bekerja, bahkan kalau bisa berinovasi dalam mengembangka sektornya masing-masing di tengah masa pandemi Covid 19.

Seperti yang dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Kobar, telah berinovasi teknik budidaya ikan system biotek kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) ‘Mina Abyu Daya’ di Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arsel.

Kepala Diskanla Kabupaten Kobar Rusliansyah melalui Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Hermanto mengatakan, dalam rangka meningkatkan produksi perikanan budidaya di masa pandemi dan menjaga ketahanan pangan masyarakat.

“Pada Jumat 10 Juli 2020, Dinas Perikanan  melalui Penyuluh Perikanan telah memperkenalkan teknik budidaya ikan sistem bioflok kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Abyudaya di Desa Kumpai Batu Bawah,” ternag Hermanto. Senin, 13 Juli 2020.

Dijelaskan Hermanto, penerapan teknologi bioflok juga dapat menghilangkan atau setidaknya mengurangi adanya zat-zat atau gas-gas yang bersifat toksik/racun bagi ikan, seperti amoniak, nitrit, dan H2S.

Sehingga ikan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit dengan sedikit penggantian air. Kelebihan lain dari penerapan teknologi bioflok adalah untuk budidaya ikan yang intensif dengan padat tebar lebih tinggi. Untuk ikan lele mampu 500 ekor/m3 dan ikan nila 100 ekor/m3.

“Pengenalan teknik budidaya ikan sistem bioflok kepada para pembudidaya ikan di Kobar sebenarnya sudah pernah dilakukan pada tahun 2016 melalui kegiatan pelatihan bekerjasama dengan BPPP Banyuwangi. Namun hingga saat ini belum banyak para pembudidaya ikan yang mau mengadopsi atau menerap kannya,” terang Hermanto.

Diharapkannya, melalui penyuluh perikanan teknik budidaya ikan dengan sistem Bioflok, semua Pokdatan di Kobar bisa mengadopsi teknologi ini sehingga produksi perikanan dan pelaku usahanya terus meningkat.

(man/ beritasampit.co.id).