Sungai Lamandau Meluap Lagi Ketinggian Air Setinggi Pinggang Orang Dewasa

ANDRE/BERITA SAMPIT - Terlihat warga sedang berjalan melewati banjir setinggi pinggang orang dewasa di RT 08 Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Akibat sungai Lamandau meluap, mengakibatkan pemukiman rumah warga yang tinggal di bantaran sungai lamandau tenggelam setinggi pinggang orang dewasa.

Ketinggian air yang mencapai pinggang orang dewasa, membuat Warga harus membuat tenda di dekat tempat tinggalnya yang merupakan daratan tinggi.

Seperti yang dilakukan Paini dan istri, dia harus membangun tenda di dekat dataran tinggi rumahnya, karena panggung yang mereka buat didalam rumah sudah hampir tergenang banjir.

“Baru hari ini membuat tendanya, untuk mengamankan barang, sekaligus untuk tempat tidur sementara akibat rumah sudah tidak bisa di kondisikan lagi,” Ungkap Paini, Selasa 14 Juli 2020.

Paini sendiri mengaku rumahnya sudah 5 hari terendam banjir, dan 3 hari sebelumnya rumah mereka masih bisa dihuni, tapi akibat sungai lamandau terus mengalami kenaikan dan harus membangun tenda di dekat rumah mereka.

Dari hasil informasi banjir yang didapat dari tanggal 13 Juli Pukul 22 : 35 wib Kemarin, Total warga yang terdampak banjir mencapai 3.253 Jiwa dari 2.535 KK, dari pantauan dilokasi banjir.

Terlihat pihak Polsek Bulik, Anggota Dandim 1017 LMD, Anggota Satpol PP, dan Kelurahan Nanga Bulik terlihat memberikan pertolongan untuk sementara sekaligus mendirikan tenda, juga hal lain seperti mambantu evakuasi barang, sekaligus mendata warga untuk diberikan bantuan.

(Andre/beritasampit.co.id)