Dewan Minta Pemkab Kotawaringin Timur Blacklist Reklame Rokok

FOTO : IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kotim, Handoyo J Wibowo.

SAMPIT – Jajaran Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Peraturan Daerah (Perda) Tentang Kawasan Tanpa Rokok pada Selasa 14 Juli 2019 lalu.

Dalam rapat tersebut Ketua Bapemperda DPRD Kotim Handoyo J Wibowo didampingi Wakil Ketua Bapemperda Hj.Darmawati dengan tegas mengatakan, terkait Perda tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sudah disahkan pada tahun 2018 lalu.

“Dan Peraturan Bupati (Perbup) Kotim yang mengatur teknis pelaksanaan peraturan daerah tersebut juga telah diterbitkan pada Maret 2020. Kami meminta peraturan daerah tersebut harus dilaksanakan sebagaimana mestinya. Kalau dalam pelaksanaannya ditemukan kekurangan dan kendala, maka bisa kita bahas kembali,” ungkap Handoyo.

BACA JUGA:   Ketua Dewan Dukung Pemkab Kotim Kembangkan Sektor Pertanian

Di sisi lain Handoyo juga mengungkapkan pemerintah daerah tidak melarang penjualan rokok, melainkan menertibkan dengan berbagai pertimbangan, sehingga diputuskan melarang pemasangan iklan dalam bentuk reklame rokok.

“Tujuannya yakni selain menetralisir di bidang kesehatan dan evaluasi lokasi pemasangannya, tentunya perda ini
harus dilaksanakan agar tidak ada kesan mandul pelaksanaan teknis di lapangan,” tegasnya.

BACA JUGA:   Dewan Lakukan Pembahasan Raperda yang Telah Dievaluasi

Legislator Partai Demokrat ini juga menilai selama ini reklame rokok banyak bertebaran hingga ke kawasan kota yang tempatnya tidak sesuai pada peruntukannya sehingga secara bertahap harus ditertibkan.
“Kita ingin secara bertahap harus dilakukan pencopotan karena sudah disepakati,” lanjutnya.

(im/beritasampit.co.id).