Polresta Palangka Raya Terus Ambil Langkah Strategis Cegah Karhutla

IST/BERITA SAMPIT - Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aipda Poniman bersma Babinsa, Manggala Agni saat melaksanakan giat patroli cegah Karhutla.

PALANGKA RAYA – Setelah mendeklarasikan komitmen untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), langkah strategis diambil oleh Polresta Palangka Raya dengan menggiatkan patroli terpadu, Rabu 15 Juli 2020.

Patroli tersebut dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aipda Poniman bersama dengan anggota Babinsa, Manggala Agni dan masyarakat di sekitaran Kelurahan Habaring Hurung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Kasus Positif Covid-19 Bertambah 13 Pasien, 5 Kabupaten Konsisten Tak Ada Tambahan 5 Hari Terakhir

Dengan melakukan patroli, petugas menjelajahi lahan-lahan yang terbentang di kawasan tersebut untuk melakukan pemantauan titik api, serta memetakan kawasan yang rawan dan berpotensi terjadi karhutla.

“Kerawanan sudah mulai terlihat di beberapa lahan, dari kondisi tanah serta rawa yang telah mengering dan akan mudah terbakar apabila tersulut api, selain itu juga dapat merambat pada lahan di sekitarnya,” terang Poniman.

BACA JUGA:   Siaga Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Sebangau Cek Sumur Bor

Setelah menelusuri lahan, mereka juga melakukan pencegahan dengan mempersiapkan sumber air yang dapat dijangkau dan digunakan untuk upaya pemadaman, apabila terjadi kebakaran di kawasan lahan tersebut.

“Kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla, salah satunya dengan tidak membakar saat membersihkan lahan,” imbaunya kepada para pemilik lahan. (Hardi/beritasampit.co.id).