Siap Amankan Pilkada Serentak, Kapolda Kalteng Harap Penanganan Covid-19 Berjalan Baik

IST/BERITA SAMPIT - Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo.

PALANGKA RAYA – Polri merupakan institusi negara yang memiliki peran besar dalam mengamankan jalannya pesta demokarasi di Indonesia. Desember 2020 ini akan dilaksanakan Pilkada serentak, termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menyelenggarakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo menghadiri rapat kordinasi (Rakor) dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Minggu 19 Juli 2020.

Dalam Rakor ini, turut dihadiri Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol Drs M Slamet Urip Widodo, Kajati Kalteng Dr Mukri, Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, serta Wali Kota dan seluruh Bupati di Kalteng.

BACA JUGA:   Sudah Membuktikan Perolehan Suaranya, Syauqie Figur Kuat Maju di Pilgub Kalteng

Agenda Rakor yang digagas Kemendagri adalah untuk mengecek kesiapan Kalteng menjelang Pilkada serentak tahun 2020. Dalam arahannya Tito menyampaikan, pelaksaan Pilkada serentak tahun 2020 ini harus tetap berdasarkan protokol kesehatan.

“Saya meminta agar di setiap tempat pemungutan suara (TPS) agar disiapkan tempat cuci tangan serta melaksanakan pemilihan sesuai dengan protokol penangan Covid-19,” jelas mantan Kapolri tersebut.

Diakhir arahannya, Tito mengapresi Pemerintah Daerah Kalteng dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah siap seratus persen dalam melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020.

BACA JUGA:   Empat Petahana Dapil I Berhasil Amankan Kursi DPRD Palangka Raya

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo menyampaikan, bahwa selain membahas tentang Pilkada serentak rapat tersebut juga membahas tentang penanganan Covid-19 yang disampaikan langsung Mendagri.

“Semoga dengan diadakannya Rakor ini pelaksanaan Pilkada 2020 dan penanganan Covid-19 di Kalimantan Tengah dapat berjalan dengan baik,” harap Dedi.

Diakhir acara, Mendagri memberikan cindera mata berupa buku Pedoman Manajemen dan buku Pedoman umum menghadapi pandemi Covid-19 kepada para Bupati. Kapolda Kalteng juga tidak mau ketinggalan dengan memberikan buku yang berjudul Colling System karyanya. (Hardi/beritasampit.co.id).