Tim Patroli Terpadu Lakukan Pencarian dan Pemetaan Sumber Air

Ist/BERITA SAMPIT - Tim Patroli Terpadu Menemukan Salah Satu Sumber Air.

PALANGKA RAYA – Setelah rutin menelusuri kawasan berpotensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Aipda Edi Prayitno bersama Tim Patroli Terpadu kini melakukan pencarian dan pemetaan pada sumber air. Hal tersebut mereka lakukan saat menelusuri lahan di Jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Pahandut Seberang, Kelurahan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin 20 Juli 2020.

Edi menuturkan, lahan tersebut dikategorikan sebagai kawasan berstatus siaga karhutla, sebab ditemukan banyak dedaunan dan ranting kering yang sangat mudah terbakar apabila tersulut api.

BACA JUGA:   ASN Kemenag Kalteng Wajib Menjadi Teladan Penerapan Protokol Kesehatan

“Kami mengantisipasi terjadinya hal tersebut dengan mencari sumber air terdekat di sekitaran lahan, yang dapat digunakan untuk upaya pemadaman apabila terbakar,” kata dia.

Setelah menemukan sumber air yang terletak tidak jauh dari lahan tersebut, mereka segera mengingatkan warga setempat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu timbulnya titik api, seperti membakar pekarangan maupun sampah.

BACA JUGA:   PPKM Akan Diterapkan di Kelurahan Zona Merah Covid-19

“Untuk saat ini sangat rawan apabila bapak melakukan aktivitas membakar, sebab walaupun dijaga atau telah dipadamkan, api kemungkinan dapat merambah ke dalam tanah yang bertekstur kering dan gambut ini,” imbau Edi kepada warga.

(Hardi/Beritasampit.co.id)