Upaya dan Semangat Bupati dan Wakil Bupati Kobar Membangun Daerah Masa Pandemi Covid-19

Bupati Kobar Hj Nurhidayah saat menanda tangani kesepakat 5 Ranperda menjadi Perda.

Laporan Khusus/Advertorial; Ke 01.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan beritasampit.co.id).

BULAN MARET 2020, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/1714/KD.C Tentang Kesiapsiagaan Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), yang ditanda tangani 3 Maret 2020.

Surat edaran itu, meminta perhatian seluruh Camat bersama Puskesmas dan fasilitas kesehatan memantau penduduk di wilayah kerjannya, agar meningkatkan Kewasapadaan terhadap penyebaran Covid-19.

Supaya aktif menyampaikan travel information bagi pendudukanya yang bekerja, menempuh pendidikan, bepergian atau datang dari wilayah terjangkit dan menyampaikan pada pihak terkait atau petugas kesehatan, fasilitas kesehatan untuk dapat ditindaklanjuti.

BACA JUGA:   Indahnya Berbagi di Bulan Ramadan, Polres Kobar Bagikan Takjil Gratis

SOPD dan isntansi terkait juga diminta untuk dapat meningkatkan kordinasi dalam mencegah dan mendeteksi sedini mungkin penyebaran penyakit, dengan memperketat pengawasan di pintu masuk.

Sejak dikeluarkannya surat edaran Bupati tersebut pengamatan penulis, seluruh jajaran SOPD dan Legislatif dan lembaga lainnya, termasuk para pengusaha bahu-membahu menindak lanjuti instruksi Bupati tersebut.

Khususnya dalam penanganan penyebaran Covid-19, tampaknya seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SPOD), mulai dari Dinas, Camat, Lurah, Kades, masing-masing disibukkan dengan mempersiapkan protokol kesehatan untuk penanganan Covid-19.

BACA JUGA:   SMA Negeri 2 Kumai Bekali Siswa untuk Ikuti Olimpiade Sains Nasional

Di semua Kantor Dinas, telah disediakan tempat cuci tangan dan semua ASN masuk kantor wajib pakai masker. Para Camat memerintahkan seluruh desa untuk memasang pengamanan jalan masuk desa.

Para pengusaha juga sama, telah melaksanakan protokol kesehatan kepada karyawannya. Bahkan, puluhan pengusaha/perusahaan berdatangan ke Kantor Bupati dan Polres serta Kodim 1014 menyumbangkan ribuan paket sembako untuk warga yang terdampak Covid-19. (Bersambung).