Cegah Karhutla, Patroli Terpadu Rutin Digelar

IST/BERITA SAMPIT - Petugas Menemukan Salah Satu Lahan Rawan Karhutla

PALANGKA RAYA – Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), langkah strategis diambil oleh Polresta Palangka Raya dengan menggiatkan patroli terpadu untuk memantau lahan-lahan rawan karhutla.

Patroli terpadu juga dilakukan seperti halnya oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu, Aipda Poniman bersama anggota Babinsa, Manggala Agni dan TNS pada lahan di sekitaran Kelurahan Habaring Hurung, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu 25 Juli 2020.

Sembari melakukan patroli, petugas juga menjelajahi lahan-lahan yang berada di kawasan tersebut untuk melakukan pemantauan potensi munculnya titik api, serta memetakan kawasan yang rawan terjadi karhutla.

“Kami menemukan lahan yang sangat berbahaya dan berpotensi terjadi kahutla, terlihat dari kondisi tanah dan rawa yang telah mengering. Tentunya akan mudah terbakar apabila tersulut api dan akan merambat pada lahan di sekitarnya,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Batu Aipda Poniman.

Setelah menandai lahan dengan bendera merah, petugas pun bergerak untuk menyampaikan imbauan kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan maklumat Kapolda Kalimantan Tengah, agar tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar.

“Kami mengimbau agar tidak melakukan pembakaran, demi mencegah terjadinya karhutla dan bencana kabut asap di Kalimantan Tengah, yang apabila terjadi akan menambah parah kondisi saat ini di tengah wabah Covid-19,” imbau Poniman.

Selain itu, petugas juga melakukan pencegahan dengan mempersiapkan sumber air yang dapat dijangkau dan digunakan untuk upaya pemadaman, apabila terjadi kebakaran di kawasan lahan tersebut.

(Hardi/Beritasampit.co.id)