Butuh Dukungan Pemerintah Pusat, Operasional Pelabuhan Teluk Segintung Belum Maksimal

PELABUHAN : AHMAD/BERITA SAMPIT - Pelabuhan Teluk Segintung Kabupaten Seruyan.

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir menyampaikan bahwa operasional pelabuhan Teluk Segintung belum maksimal, hal itu disebabkan karena akses jalan menuju pelabuhan tersebut masih belum lancar.

“Pelabuhan terbesar satu-satunya di Kalimantan Tengah sudah keluar ijin operasionalnya dan sudah beroperasi, tetapi masih belum maksimal, karena akses jalan yang belum memadai,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang.

Menurut dia, apabila akses jalan  lancar dan mudah untuk dilalui, operasional pelabuhan tersebut akan lebih maksimal, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Seruyan khususnya.

“Pembangunan akses jalan antar-kecamatan menuju pelabuhan Teluk Segintung, memegang peran penting dan strategis untuk kemajuan wilayah kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring,” ungkap Yulhaidir.

Orang nomor satu di Seruyan itu, sangat mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah pusat terhadap pembangunan akses jalan antar kecamatan menuju Pelabuhan Teluk Segintung.

“Saya harap akses jalan  menuju pelabuhan Teluk Segintung, dijadikan jalan nasional, sehingga pemerintah pusat dapat mendukung pembangunannya melalui anggaran yang dimiliki,” jelas dia.

Yulhaidir menjelaskan dengan terbangunnya akses jalan antar kecamatan, ia berharap dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Seruyan. Kemudian  juga diharapkan pengoperasian pelabuhan Teluk Segintung dapat dimaksimalkan, salah satunya untuk pengapalan hasil perkebunan yakni Crude Palm Oil (CPO)  langsung melalui pelabuhan ini.

“Jadi selama ini CPO perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasional di Seruyan masih menggunakan pelabuhan yang berada di Kotawaringin timur, hal tersebut karena akses jalan menuju ke pelabuhan kita masih belum lancar,” katanya.

Ia menambahkan, PBS di Seruyan tersebar di berbagai kecamatan, oleh karena itu, akses antar kecamatan sangat perlu untuk dilakukan pembangunan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Saya yakin jika akses jalan ini mudah dan lancar, pastinya akan membawa Seruyan kearah yang lebih maju, karena hal tersebut merupakan salah satu pembangunan yang dapat meningkatkan perekonomian,” demikian Yulhaidir.

(ASY/beritasampit.co.id)